OMTC Siapkan Strategi Untuk Dorong Program Sertifikasi dan Pelatihan

Sumbawa Besar— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) Universitas Teknologi Sumbawa berencana akan melanjutkan pelaksanaan sertifikasi dan pelatihan untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Kepala UPT OMTC Rudi Masniadi mengatakan telah menyusun sejumlah strategi untuk melaksanakan program tersebut di tahun 2023 ini.

“Kami akan terus menggalakkan kegiatan pelatihan dan sertifikasi tiap tahunnya,” ujarnya saat ditemui di ruangan OMTC Lantai 2 Gedung Rektorat (28/2/2023).

Untuk melaksanakan hal tersebut, sejumlah strategi diusung guna mendorong capaian lulusan bersertifikasi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Merunut pada Surat Keputusan Rektor No. 201/UTS/SK/XI/2021 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Olat Maras Training Center (OMTC) Universitas Teknologi Sumbawa, UPT OMTC dicanangkan menjadi Unit Pelaksana Teknis dalam sektor pendidikan sebagai penyedia pelatihan dan sertifikasi.

Rudi menambahkan pihaknya telah mempersiapkan tiga strategi utama dalam mewujudkan visi misi OMTC. Pertama, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan pihak internal maupun eksternal guna mengoptimalkan program pelatihan. Kedua, menyediakan fasilitas penunjang serta memanfaatkan teknologi sebagai media promosi program khususnya media sosial.

“Program-program pelatihan dan sertifikasi terus kami kembangkan agar tidak hanya mahasiswa UTS saja yang dapat merasakan dampaknya tetapi juga masyarakat umum,” paparnya.

Sebelumnya, OMTC telah bekerjasama dengan Piranha Smart Center (PSC) terkait pelatihan brevet pajak A&B bersertifikat BNSP dan TRUST Academy dengan pelatihan Microsoft Office bersertifikat internasional. Berkaca pada hal ini, strategi ketiga OMTC yaitu terus berupaya melebarkan kerjasama dengan pihak eksternal lainnya seperti pemerintah, perbankan dan perusahaan swasta lainnya demi mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing.

“Strategi ini akan kami implementasikan secara berkelanjutan. Semoga niat baik kami dimudahkan dan mendapat support dari banyak pihak,” tuturnya.

Program pelatihan dan sertifikasi ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta lulusan yang kompeten di bidangnya serta siap terjun ke dunia kerja profesional dan mampu bersaing di kancah global. (PR)

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024