Sekolah Pascasarjana Ajak Mahasiswa Pahami Penulisan Karya Ilmiah Lewat Kuliah Umum

Sumbawa — Sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyelenggarakan Kuliah Umum Penulisan Karya Ilmiah. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami alur, isi, dan sistematika penulisan karya ilmiah secara mendalam. Kuliah umum tersebut menghadirkan Dosen dari Universitas Udayana, Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A dan Dosen dari Manajemen Inovasi Sekolah Pascasarjana, Dr. Zainuddin, S.H., M.M sebagai narasumber ahli.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Multimedia Sumbawa Techno Park (STP) Universitas Teknologi Sumbawa tersebut, diikuti oleh mahasiswa angkatan 10 dan 11 prodi Magister Manajemen Inovasi pada Rabu (23/10).

Dr. Ahmad Yamin, S.H., M.H., Direktur Sekolah Pascasarjana dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk seluruh mahasiswa terutama mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir S2 (tesis).

“Kuliah umum ini sangat penting untuk seluruh mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tesis, sangat rugi jika tidak mengikuti kuliah umum ini, karena akan dijelaskan bagaimana cara penulisan dan alur pembuatan karya tulis,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut, sebagai narasumber pada Sesi 1, Dr. Zainuddin, S.H., M.M menjelaskan di dalam penulisan karya ilmiah hal yang paling penting adalah pengembangan gagasan.

“Penentuan dan pengembangan gagasan merupakan bagian paling inti dari penulisan karya ilmiah, karena ini yang akan menentukan alur, isi, serta tujuan penulisan karya ilmiah”, ujar Dosen Manajemen Inovasi Sekolah Pascasarjana tersebut.

Pada kesempatan yang sama di Sesi 2, Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A juga menjelaskan bahwa penulisan karya ilmiah yang baik memuat beberapa hal seperti adanya pernyataan yang membuat pembaca tertarik. Selain itu, penulisan skripsi, tesis, disertasi maupun artikel harus bersifat baru yang didasarkan pada temuan lama sebagai penguat tulisan.

“Jangan menulis hal yang tidak perlu, ketika melihat judul tulisan yang kalian buat, pembaca sudah mengetahui isinya. Buatlah tulisan yang berguna jika dilihat dari judul serta tujuan penelitiannya saja sudah bisa membuat pembaca tertarik,” ujar beliau.

Lebih lanjut, Prof. Dr. I Nengah Sudipa menekankan bahwa referensi tulisan sebaiknya berasal dari artikel jurnal yang terbaru. Sebab, artikel jurnal memiliki informasi yang sifatnya lebih terupdate dari pada buku.

“Dalam menulis, teman-teman butuh persiapan. Alangkah baiknya jika persiapan tersebut dimulai dengan banyak membaca hasil riset terkini sesuai dengan kajian penelitian yang dilakukan. Banyak mencari hasil riset terbaru, terkini dengan teori mutakhir dan didukung dengan jurnal terbaru sangat membantu dalam persiapan menghasilkan tulisan yang baik,” sambung Dosen Universitas Udayana tersebut.

Dalam kegiatan Kuliah Umum ini, peserta yang merupakan mahasiswa Sekolah Pascasarjana memenuhi lokasi kegiatan. Banyak diantara mereka yang antusias memberikan pertanyaan hingga berakhirnya kegiatan pada pukul 16.00 WITA. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024