Mahasiswa Bioteknologi UTS Ciptakan Herboil, Minyak Herbal Aroma Terapi

Delia Puspita Cahyani, mahasiswa dari Program Studi Bioteknologi Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang juga merupakan Founder Herboil, diundang menjadi narasumber pada kegiatan Diskusi Publik yang bertema “Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dalam Perspektif Permen No. 41 Tahun 2016 pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara”, yang diselenggarakan pada 11 November 2023 di Puri Indah Hotel, Mataram. Turut menjadi narasumber pada acara tersebut adalah H.Sahdan, S.T., M.T  Kepala Dinas ESDM NTB dan Dimas Purnama Manager Community Development, Social Impact, PT. AMNT serta dimoderatori oleh Vania Dwi Zuhra, S.H.

“Rasanya sangat senang sekaligus bangga bisa hadir dan bercerita tentang Herboil di tengah teman-teman hebat dari berbagai universitas di Mataram.” ungkap Delia.

Dalam kegiatan Diskusi Publik tersebut, Delia menjelaskan bahwa produk Herboil ini merupakan produk diversifikasi bahan Minyak Sumbawa yang mengangkat potensi budaya lokal. Pembuatan Herboil diinisiasi oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Bioteknologi FITH UTS yang lolos dalam program Usaha Pemudi Pemuda Berdaya (UPPAYA) yang berkolaborasi dengan pihak PT. AMMAN Mineral dan Instellar.id.

Herboil, singkatan dari Herbal Oil, merupakan herbal yang diinovasi dalam bentuk minyak dengan sasaran diperuntukkan bagi orang tua, dewasa, anak-anak dan bayi. Produk Herboil ini berupa minyak pijat yang dapat digunakan sebagai aroma terapi, diperkaya dengan vitamin A, C dan E yang dapat menutrisi dan melembabkan kulit. Tidak cuma itu, Herboildipercaya mampu mengatasi perut kembung, pusing, mual, rematik dan pegal linu, dan memberi sensasi hangat pada saat pemakaian.

Produk Herboil ini dibuat menggunakan bahan pilihan yang berkualitas dan bermutu tinggi, yaitu berbahan dasar ekstrak Virgin Coconut Oil (VCO), bunga lawang, kayu manis, pala, jinten hitam, daun sereh, jahe merah, essentials oilvitamin c, vitamin e,adas oileucalyptus oil, dan phonexyethanol. Untuk pembuatannya, VCO diproses dengan metode cold proses lalu mencampurkan bahan-bahan lain yang tersebut di atas. Dengan demikian, Herboil ini memiliki keunikan mulai dari bahan dasar, bentuk produknya, warna dan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024