Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UTS Belajar Tentang Enterpreunership Ke Singapore

Munyta Mentari, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS belajar tentang bagaimana menjadi seorang Enterpreunership di Singapura.

Menjadi bagian dalam program Youth Excursion yang diadakan oleh Youth Leader Alliance,  sebuah organisasi kepemudaan Asean yang selalu membangun jaringan dan kerjasama dengan pemerintah, universitas, dan enterpreuner se-Asean. Program Youth Excursion ini bertujuan untuk menanamkan jiwa enterpreunership dalam diri pemuda Asean agar siap bersaing menghadapi Asean Economi Community, juga sebagai platform untuk mempertemukan seluruh pemuda di Asean dalam rangka bertukar fikiran dan berkolaborasi menghadapi AEC. Pelaksaannya kali ini adalah pelaksanaan yang ketiga setelah sebelumnya pelaksanaan pertama dilaksanakan pada bulan januari di Malaysia, kedua di Thailand pada bulan Maret dan sekarang di Singapore.

Mengambil tema “Connecting Asean Youth Leader To The World” Munita bersama 50 pemuda yang dari beberapa universitas dan enterpreuner se-Asean terebut menjalani pelatihan tentang enterpreunership selama lima hari sejak tanggal 9 sampai 13 Mei 2016.

Munyta Mentari 3

Hari pertama peserta melakukan registrasi dan berkenalan dalam acara welcome party yang disiapkan panitia dengan meriah. Hari kedua peserta ditantang untuk melakukan analisis bisnis ditiga pusat bisnis terbaik singapura yaitu di Cina Town, Bugis Street, dan Mustafa Center dimana seluruh peserta diharuskan untuk mewawancara para penjual dan pembeli tentang jenis barang, harga, dan market strategi di ketiga tempat tersebut yang kemudian hasilnya dibicararakan dalam diskusi analisis dengan menggunakan system SWOT (Strenght, Weakness, dan Opportunity and Treat).

Munyta Mentari 2

Hari ketiga peserta menjalani program Youth Start Up Symposium, dimana seluruh peserta berdiskusi dengan beberapa ahli enterpreuner Asean. Dilaksanakan di Nasional University Singapore Enterprise yang merupakan center start up bussines di Singapore, panitia menghadirkan Siti Aisyah Zahari, seorang desaign-preneur and co founder Of The Orange Hive Community. Maulana Bachtiar, pemuda asli Indonesia yang bekerja di Singapore dan merupakan founder Global Indonesian Voice, sebuah program bagi pemuda Indonesia untuk memfasilitasi global exchange pemuda. Ada juga Ian Chong, seorang Regional Manager Of Angelhack yang ahli dibidang technology, dan Khairul Rusydi, Co Founder and CEO Of Reactor and Start Up. Program ini memberi pemahaman kepada peserta tentang pentingnya teknologi dalam keberlangsungan bisnis, tidak hanya dalam menghadapi persaingan tapi juga untuk promotion product.

Munyta Mentari 5

Kegiatan yang berpusat di Hotel 81 Dicakson, Little India Singapore ini diakhiri dengan closing ceremony. Sebagai satu-satunya pemuda dari Sumbawa, Munita berniat mempelajari lebih dalam tentang bagaimana menjadi seorang enterpreuner agar dapat berkontribusi secara nyata dengan tidak lagi mencari pekerjaan namun justru menciptakan lapangan pekerjaan yang tidak hanya menghasilkan profit untuk kepentingan pribadi tetapi juga untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Munyta sengaja memilih mengikuti program yang ketiga ini karena Munyta menilai bahwa Singapura merupakan Negara terbaik dibidang industry di Asean. Bahwa dengan sumber daya alam yang sangat terbatas, perekonomian Singapore sangat bergantung pada impor-expor dan pelayanan jasa. Namun karena Singapore memusatkan pembangunannya pada Human Resource yaitu education and technology, membuat Singapore mampu lebih maju dibanding Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Melihat potensi alam Sumbawa, Munyta berharap dirinya mampu berkontribusi untuk daerahnya dengan terus meningkatkan kemampuan dirinya dan menjadi enterpreuner yang kelak akan menciptakan lapangan kerja bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Munyta Mentari 4

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024