Benchmarking MBKM Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram di UTS

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.d menerima kunjungan silaturahmi Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram pada 08/02/2023. Kunjungan ini dimaksudkan oleh STP guna melakukan benchmarking terkait pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UTS serta penandatanganan MoU antara STP dan UTS dalam bidang tridharma perguruan tinggi.

“Kebutuhan utama dari STP adalah tentang bagaimana membangun sistem MBKM yang terlaksana terkait rekognisi SKS, program yang dilaksanakan, dan jenis MBKM yang terimplementasi di UTS. Tentunya kami sangat senang bisa berbagi dengan rekan-rekan STP. UTS siap sharing terkait best practice MBKM di UTS dan siap untuk melakukan kolaborasi pengabdian masyarakat terkait peningkatan kepariwisataan di Sumbawa.”  Tutur Chairul mengawali diskusi.

Hadir dalam pertemuan ini Tim Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi UTS yang menggawangi program MBKM UTS, serta Tim Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UTS. Nova Adhitya Ananda, M.M selaku Direktur Akademik UTS dalam kesempatan tersebut menjelaskan secara detail bagaimana awal dari pembuatan sistem MBKM di UTS. 

“Sejak 2020, awal program ini dicetuskan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim, Kami UTS sudah mencoba memformulasikan program-program yang beririsan dengan MBKM. Tentu terjadi turbulensi dalam penerapan dan implementasinya karena penerapan MBKM banyak perdebatan tidak hanya pada kalangan mahasiswa namun juga dosen. Adanya perdebatan dan audiensi, UTS melakukan pembenahan kurikulum dan setiap tahun merumuskan strategic plan yang dapat mengakomodir berbagai hal didalam MBKM.” Ucap Adit. 

Ketua STP Dr. Halus Mandala. M. Hum dan Tim STP juga mendapatkan pemaparan kaitan Program Merdeka, UTS Mengajar, Magang Bersertifikat, Eureka dan lainnya dari masing-masing PIC program termasuk dengan bagaimana mahasiswa mendapatkan haknya, kolaborasi dengan desa dan pemerintah daerah, dan para dosen terpahamkan. 

Setelah diskusi bersama usai, agenda selanjutnya yaitu penandatanganan MoU antara Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram dan Universitas Teknologi Sumbawa yang dilakukan langsung oleh Rektor UTS dan Kepala STP Mataram. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024