Penguatan dan Pengoptimalan Literasi, Dosen Sastra Indonesia Berikan Matrikulasi dan Pengajaran Literasi Dasar di SMK Kehutanan Negeri Makassar

Makassar – Penguatan Kemampuan Literasi Dasar Bahasa Indonesia dan kegiatan Matrikulasi di SMK Kehutanan Negeri Makassar dilaksanakan oleh Dosen Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa, Bulan Rara Yangsen. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 23/01/23 sampai 25/01/23 sebagai salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam pengabdian ini, kegiatan Matrikulasi dan Pembelajaran Literasi Dasar diikuti oleh perwakilan tiap-tiap angkatan siswa Siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar mulai dari kelas sepuluh hingga kelas 12, dengan masing-masing kelas berjumlah kurang lebih 35 siswa. Metode permainan kata menjadi alternatif ampuh yang digunakan untuk membangun suasana kelas yang aktif dan menyenangkan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan materi-materi dasar tentang bahasa Indonesia kepada siswa-siswi kelas X SMK Kehutanan Negeri Makassar yang memiliki tingkat pengetahuan yang berbeda-beda, karena sumber daya di daerah yang tidak relative sama. Kegiatan pada kelas XI dan XII dilakukan untuk menyegarkan kembali pengetahuan tentang literasi dasar bahasa Indonesia untuk mengoptimalkan kemampuan mereka dalam membaca, menulis, terutama berkomunikasi. Semua peserta begitu berantusias dan pastisipatif dalam kegiatan tersebut.

“Sasaran peserta didik oleh SMK Kehutanan Negeri Makassar 50% berasal dari sekitar kawasan hutan seperti Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara dan Maluku Utara yang tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda, kegiatan ini menjadi kegiatan yang cukup penting dan sangat bermanfaat bagi mereka”, ujar Ahmad Syukur, S.Hut., M.Hut., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Kehutanan Negeri Makassar. “Semoga pembelajaran ini dilanjutkembangkan khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia”, lanjut Fadhil Adiyat, S.S., Guru bahasa Indonesia SMK Kehutanan Negeri Makassar.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024