UKM FILA (Forum Ilmiah) UTS Gelar Lomba FILA Call for Paper and Presentation 2016

Universitas Teknologi Sumbawa, kampus yang memiliki warna-warni perjalanannya mulai dari prestasi, organisasi, aksi, dan lain sebagainya, kali ini UTS berbicara mengenai organisasi, tepatnya tentang Unit Kegiatan Mahasiswa. Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang terbentuk cukup lama, menjadi saksi berdirinya kampus ini bermula dari tahun 2013, Forum Ilmiah atau sebutan singkatnya FILA.

Memiliki total anggota sebanyak 53 orang dengan jumlah pengurus ada 18 orang, namun seluruh anggota yang bergabung dalam UKM FILA disebut sebagai SAHABAT FILA itu datang dari seluruh mahasiswa UTS mulai dari angkatan 2013, 2014, hingga 2015 . UKM yang semula bernama KMPB (Komunitas Mahasiswa Pecinta Buku) ini telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya yaitu bedah buku, aksisosial, fasilitator pengumuman dan pembinaan PKM Nasional untuk seluruh mahasiswa, dan lain-lain yang berbasis keilmiahan.

Dalam rangka memperingati hari buku nasional 17 mei, kebangkitan nasional 20 mei, dan hari lahirnya pancasila 01 Juni, UKM FILA mengadakan lomba FILA Call for Paper and Presentation atau FILA CPP 2016. Peserta dari kegiatan ini dikhususkan untuk sahabat FILA atau mahasiswa yang tergabung dalam UKM FILA yang kepanitiaannya dipegang oleh mahasiswa angkatan 2013 yang tergabung dalam UKM FILA yang diketuai oleh Fitri Tjahyani, mahasiswi Teknik Metalurgi dan Material, dengan pembina yang mendorong dan juga mensupport dengan baik yaitu Ibu Sari Noviana, S.Si, M.Si sekaligus kepala LPPM Kampus UTS.

IMG-20160604-WA0018

Kegiatan ini mengacu pada tujuan utama pembentukan UKM FILA yaitu menguatkan pondasi member UKM terlebih dahulu menjadi pribadi mahasiswa yang kritis, inovatif, dan kreatif, penggerak utama dalam melaksanakan salah satu tri darma ketiga “penelitian” dimana sosok mahasiswa mengetahui bagaimana dan seperti apa penelitian itu yang tentunya sesuai dengan jurusan yang sedang mereka emban saat ini dan wadah dalam pengaplikasiannya adalah melalui penulisan karya tulis ilmiah yang kemudian menjadi pionir dalam berbagi ilmu dan wadah bagi mahasiswa lain yang ingin belajar bersama khususnya dalam hal keilmiahan.

IMG-20160604-WA0016

Bermula dari pembagian kelompok, selang waktu sekitar 1 bulan kemudian pengumpulan paper atau karya tulis pada tanggal 01 Juni 2016 dan tahapan terakhir yaitu paper yang diterima dipresentasikan di depan juri dan audience pada tanggal 04 Juni 2016 bertempat di Gedung Aula Serbaguna Kampus Universitas Teknologi Sumbawa.

IMG-20160604-WA0015

Dari 14 tim yang dibagikan, ada 8 tim yang berhasil mempresentasikan hasil paper di depan Ibu Shinta Esabella dan Kak Fitri Tjahyani selaku dewan juri dengan sangat baik dan menakjubkan dan memutuskan para pemenang FILA CPP 2016 yaitu, JUARA 1 (Wafiq Zuhair, Masuji Ratu, Vidi Akhmad Rifai), JUARA 2 (Robby sahrullah, Soraya, Sumayyah), dan JUARA 3 (Dani Wijaya, Nurjanah, Marhamah). Sebagai ketua UKM FILA, Fitri Tjahyani, memastikan bahwa Kegiatan ini insya Allah akan menjadi kegiatan rutin UKM FILA tiap tahunnya dengan harapan bisa lebih baik lagi, menjalin kerjasama dengan UKM atau organisasi mahasiswa lainnya di UTS, serta member maupun mahasiswa lain tetap semangat dalam berkompetisi, meneliti, dan sejenisnya. (Fitri Tjahyani)

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024