Mahasiswa Metalurgi dan Material UTS Study Tour Ke Jakarta (Hari Pertama)

Rabu, 20 Juli 2016
Program Studi Metalurgi dan Material, Fakultas Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa menggelar Study Tour ke beberapa perusahaan yang memiliki bidang ilmu keterkaitan dengan Metalurgi dan Material. Bertujuan selain dalam rangka mempererat kerjasama yang telah terjalin, meneropong kemungkinan peluang magang, tentunya juga memperoleh pengetahuan langsung dari realita tupoksi pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja yang berkeahlian dibidang Metalurgi dan Material. Ada beberapa perusahaan yang telah menjadi partners dan masuk dalam daftar kunjungan beberapa mahasiswa Prodi Metalurgi dan Material UTS terpilih yang didampingi oleh salah seorang dosen yang sekaligus menjabat sebagai Rektor UTS, Andy Tirta Ph.D dimana pada hari pertama perjalanan study tour mereka Rabu, 20 Juli 2016 mengunjungi Kawasan Industri Cilegon, tepatnya ke PT Krakatau Steel dan PT Multifabrication Gemilang.

Rektor UTS beserta Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material di PT Krakatau Steel
Rektor UTS beserta Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material di PT Krakatau Steel

Pemilihan kedua perusahaan tersebut ditengah banyaknya perusahaan dalam kawasan Cilegon, dikarenakan sistem produksi dari 2 perusahaan ini sangat berhubungan dengan ilmu yang dipelajari dalam Teknik Metalurgi dan Material.
Kunjungan pertama kami menuju PT Krakatau Steel yang merupakan perusahaan baja terpadu terbesar di Indonesia yang berlokasi di daerah Cilegon, Banten. Disana rombongan disambut oleh bagian Humas PT Krakatau Steel yang beralamat di Jl. Industri No.3, Ramanuju, Cilegon, Banten untuk kemudian diarahkan menuju ruangan penerimaan tamu dan disajikan sekilas film pendek tentang Krakatau Steel serta diberikan penjelasan oleh pak Firman selaku Humas PT Krakatau Steel yang didampingi oleh pak Fabian selaku engineer di PT Krakatau Steel mencakup sejarah berdirinya, alasan mengapa Cilegon di pilih sebagai kawasan perusahaan baja terpadu ini, perusahaan apa saja yang joint venture dengan PT Krakatau Steel, berbagai anak perusahaan, serta proses produksi dalam pabrik sekaligus hasilnya.

Setelah itu rombongan kemudian melakukan tour perusahaan khususnya di bagian produksi. Tujuan dari kunjungan ini untuk melihat proses di Hot Strip Mill yang merupakan proses untuk mengubah produk steel slab menjadi hot rolled coil dan dilanjutkan menuju Cold Rolling Mill untuk mengubah Hot Rolled Coil menjadi Cold Rolled Coil/Sheet yang siap dipasarkan.

Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material di lokasi Hot Strip Mill PT Krakatau Steel
Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material di lokasi Hot Strip Mill PT Krakatau Steel

Selanjutnya study tour ini dilajutkan menuju PT Multiabrication Gemilang atau lebih dikenal sebagai PT Multifab. Perusahaan ini bergerak dibidang fabrikasi dan telah memiliki sertifikat ASME (American Society of Mechanical Engineering). Disini rombongan disambut langsung oleh Manager Produksi, bapak Tuwuh Wijanarko serta kepala bagian K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), ibu Amelia Muhammad, dimana rombongan mendapatkan penjelasan singkat tentang safety di perusahaan sebagai standar operasional kerja dalam perusahaan ini, bahwa Seluruh karyawan sebelum mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki untuk diterapkan di perusahaan, safety merupakan hal yang terpenting yang harus dipahami diatas segalanya. Study tour kemudian dilanjutkan dengan presentasi singkat mengenai PT Multifab mencakup sertifikasi yang telah dimiliki oleh PT Multifab serta berbagai jenis produk yang telah dipasarkan mulai dari produk yang cukup simple hingga produk yang sangat kompleks yang kemudian tour dilanjutkan menuju pabrik PT Multifab untuk melihat apa saja yang terjadi dalam pabrik serta produk apa saja yang dihasilkan. Sebagai tour guide, pak Tuwuh sangat baik dalam menjelaskan segala yang kita lihat di pabrik dan semangat beliau dalam menjelaskan membuat rombongan lebih mengerti proses apa saja yang berlangsung serta bagaimana sistem kerjanya.

Manager Produksi PT Multifab beserta rombongan Teknik Metalurgi dan Material UTS
Manager Produksi PT Multifab beserta rombongan Teknik Metalurgi dan Material UTS

Pada  dasarnya tujuan utama dari kunjungan industri ini adalah agar mahasiswa dapat menyaksikan secara langsung terkait ilmu yang telah  dipelajari sebelumnya di kampus, sekaligus pembuktian bahwa yang selama ini dipelajari bukanlah dongeng fiktif ciptaan dosen semata namun segalanya memang ada dan terjadi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin