Wisuda 374 Mahasiswanya, UTS Beberkan Capaian Satu Dekade

Sebanyak 374 mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) diwisuda, Kamis (2/3/2023) hari ini. Para wisudawan tersebut terdiri dari 252 Program Sarjana dan 122 wisudawan Program Magister. Untuk program sarjana berasal dari 6 fakultas atau 17 Program Studi (Prodi).

Hadir menyaksikan prosesi sakral bertepatan dengan 10 tahun usia UTS, adalah Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Bali Nusa Tenggara, Dr. Ir. I. Gusti Lanang Bagus Eratodi, ST., MT., IPU., ASEAN. Eng, Ketua Yayasan Dea Mas, Ny Niken Saptarini Zulkifliemansyah, M.Sc., Purn. Laksma Arie Tryono, Wakil Rektor UTS, Anggota Senat, Dekan Fakultas, Direktur Sekolah Pascasarjana, orang tua dan keluarga para wisudawan.

Rektor UTS, Chairul Hudaya Ph.D, mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah berhasil diwisuda hari ini. Ia berharap keberhasilan ini menjadi awal dan pintu gerbang bagi keberhasilan besar di masa-masa mendatang.

“Sekarang Anda telah menjadi alumni, namun demikian silaturahim harus terus tersambung. Kami titipkan nama baik UTS, semoga dalam berkarya nantinya selalu menjunjung nilai kebaikan dan kebermanfaatan,” ucap Rektor mengawali sambutannya.

Rektor menjelaskan bahwa UTS memegang dan mengimplementasikan nilai yang disingkat I-BIRTH, merupakan singkatan dari Integritas, Bertanggung jawab, Inklusif, Religius, Transformatif dan Humanis. “I-BIRTH bermakna saya senantiasa melahirkan kebaikan dan kebermanfaatan bagi semesta alam,” terangnya.

Pesan dari nilai ini perlu terus digaungkan agar menjadi modal utama ketika lulusan UTS berperan dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Saya berpesan kepada anda, meskipun kaki sudah tak lagi berdiri di UTS, namun nilai tersebut harus tetap subur dalam sikap dan perilaku kita semua. Bawalah nilai-nilai ini bersama dengan kepak sayap kalian, para Elang Muda,” pinta Chairul.

Rektor juga menyampaikan sejumlah perkembangan yang terjadi di UTS. Tepat pada tahun ini, tercatat UTS telah berkiprah selama 1 dekade. Berawal dari semangat dan mimpi besar dari para pendiri di tahun 2013. Satu per satu mimpi tercapai.

Perolehan Predikit Akreditasi Universitas “Baik Sekali” pada tahun 2022 membuktikan bahwa UTS terus berbenah dan meningkatkan kualitas dan pelayanan.

Pada awal tahun 2023, dibuka dengan prestasi anugerah Kategori Perguruan Tinggi Swasta Peraih Kerjasama dengan Industri Terbaik oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Selanjutnya anugerah Kategori Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI VIII peraih Kerjasama Luar Negeri Terbaik serta Pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka Terbaik.

Nama UTS tidak hanya menggaung di level nasional, kegiatan bersama universitas-universitas terbaik dunia sebagai hasil kerjasama dengan perguruan tinggi dunia, terus digalakkan. Salah satunya, kegiatan Rural Up antara UTS bersama Master of Public Administration Lee Kwan Yue School of Public Policy  National University of Singapore.

Bersamaan dengan hal tersebut, untuk meningkatkan kualitas atmosfir suasana akademik di lembah Olat Maras ini, UTS mendapatkan kesempatan untuk menghadirkan Visiting Lecturer, Dr. Shirley Baker, seorang pengajar bahasa berasal dari Amerika Serikat.

Selain prestasi, penelitian dan program pengabdian masyarakat juga terus ditorehkan oleh para mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Baik prestasi di bidang akademik maupun non-akademik mulai dari level lokal, nasional hingga Internasional.

Capaian prestasi tersebut dimulai dengan mendasarkan segala kerja dengan Rencana Strategis 2022-2026 yang dilaksanakan dengan kerja keras, kerja tuntas, kerja ikhlas bersama sama dari seluruh civitas.

Kepemimpinan sektor (Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Kepala UPT, Ketua Program Studi dan lain-lain) yang optimal dan sistem kelola yang baik mampu mengawal kerja kolektif mencapai target setiap indikator kinerja utama yang sudah dirumuskan di awal.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung UTS. Dari pihak pemerintahan, industri maupun mitra kerjasama lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-per satu. Dengan dukungan tersebut, kami mampu menorehkan inovasi dan prestasi yang hasilnya tidak hanya baik bagi UTS namun juga bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (SR)

Dosen dan Mahasiswa FITH UTS Raih Juara Pekan Inovasi dan Teknologi Kabupaten Sumbawa 2024

Sumbawa (UTS) – Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas...

Read MoreJuli 16, 2024

Seminar Nasional Teknik Lingkungan UTS: Mendorong Pengelolaan Lingkungan Berbasis Green Jobs

Sumbawa, 10 Juli 2024 – Seminar Nasional Teknik Lingkungan Universitas Teknologi...

Read MoreJuli 16, 2024

Lolos Seleksi,  Dosen Psikologi ikuti Training Of Trainers (TOT) Lemhannas RI

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai...

Read MoreJuli 16, 2024

Dosen Teknik Industri Universitas Teknologi Sumbawa Lolos dalam Kegitan ToT LEMHANNAS RI

Sumbawa, 9 Juli 2024 – Kabar membanggakan datang dari Universitas Teknologi...

Read MoreJuli 16, 2024