UTS Kirimkan Perwakilan ke NEDCO UIN Malang

WhatsApp Image 2017-11-14 at 16.10.30Dita Dismalasari Dewi (kiri), Fahmi Budi Raharjo (tengah), dan Ernawati (kanan)

Batu Alang, (14/11/2017)

Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) patut diacungi jempol. Melalui esai “Dari Sampah Menuju Rumah Baca”, ketiganya akan mengharumkan nama Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dalam ajang National Economic Debate Competition (NEDCO) yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 15-17 November mendatang.

Bersaing bersama 177 peserta se-Indonesia, mahasiswa atas nama Fahmi Budi Raharjo (Manajemen 2015), Dita Dismalasari Dewi (Manajemen 2015) dan Ernawati (Manajemen 2016) berhasil lolos menjadi finalis 10 besar dengan menempatkan diri di posisi 9 pada jajaran fakultas ternama yang dinyatakan lolos tahapan semifinal kegiatan tersebut. Selain UTS, finalis lain yang berpartisipasi yaitu Institut Pertanian Bogor, IAIN Salatiga, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Surakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogjakarta, Universitas Tarumanegara dan UIN Malang dengan dua tim perwakilan.

Fahmi Budi Raharjo saat dimintai keterangan menyatakan kompetisi debat tersebut, diawali dengan pengumpulan karya tulis berupa esai yang kemudian dipilih 10 tim dengan esai terbaik untuk melakukan debat ekonomi pada 16 November 2017 di Home Theater  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur.

“Mohon doanya kepada seluruh mahasiswa UTS agar kami bisa mengharumkan nama UTS dalam kancah National. Terima kasih kami ucapkan kepada Kampus Universitas Teknologi Sumbawa, Dekanat FEB UTS, Pak Pandu Bagja selaku Pinca BRI, Pak Reza Enoch selaku GM Garuda Sumbawa, dan Pak Iqbal supervisor PLN Empang,” ucap mahasiswa asal Magelang Jawa Tengah itu

WhatsApp Image 2017-11-14 at 09.35.00Debat diselenggarakan menggunakan Asian Parliamentary Debate System dengan sedikit modifikasi dari panitiamempertemukan dua regu yang berada pada posisi yang berlawanan (Affirmative/Government dan Opposition). Setelah ditentukan Affirmative dan Opposition, serta mosi, peserta mendapatkan waktu 10-15 menit untuk memperisapkan argument (Case Building) untuk mendukung (Affirmative) ataupun menolak (Opposition) mosi tersebut.

Untuk informasi, kegiatan NEDCO merupakan bagian dari Economy Festival (Ecofest) yang diselenggarakan Departemen Dalam Negeri Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan merupakan penyelenggaraan pertama kegiatan dengan tema “Sinergitas Industri, Masyarakat, dan Pemerintah dalam Menyukseskan Digitalisasi Ekonomi”.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin