Rita Desiasni, Perwakilan UTS dan “Sumbawa” dalam Program Magang Dosen 2019

BUK RITA

Rita Desiasni, M.Sc dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadi perwakilan UTS dalam mengikuti Program Magang Dosen 2019 di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diselenggarakan oleh, Direktorat Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Program Magang Dosen tersebut dilatar belakangi oleh tuntutan era globalisasi, bahwa seorang dosen bukan hanya dituntut pakar dalam bidang kajian ilmunya, tetapi juga dituntut untuk mampu berkomunikasi, mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, memiliki jejaring yang luas, peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar, dan bersikap outward looking.

Pasalnya, perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa. Dosen adalah SDM perguruan tinggi yang memiliki peran yang sangat sentral dalam semua aktivitas di perguruan tinggi.

Presentasi Kampus Universitas Teknologi Sumbawa oleh Ibu Rita Desiasni
Presentasi Kampus Universitas Teknologi Sumbawa oleh Ibu Rita Desiasni

Tujuan diselenggarakannya Program Magang bagi dosen yunior tersebut untuk, memperluas wawasan dosen yunior mengenai pelaksanaan dan penyelenggaraan dunia kerja dosen (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), memberikan pengalaman kepada dosen yunior untuk mengenal secara langsung manajemen perguruan tinggi dan kerjasama dengan mitranya di PTN Pembina, serta untuk memberi kesempatan kepada dosen yunior untuk menjalin jejaring dengan dosen senior asal PTN pembina.

Kegiatan pembukaan Dosen Magang (Dosma ) Tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Aston Imperial Bekasi, Lantai II yang diikuti oleh 60 dosen dari seluruh perguruan tinggi yang lolos seleksi dan dibuka oleh Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A selaku Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kemenristek Dikti. Dalam hal ini, Bunyamin Maftuh menyampaikan program Dosen Magang bertujuan sebagai proses belajar dosen muda dari perguruan tinggi yang baru berkembang  terkait Tri Darma Perguruan Tinggi dari perguruan Tinggi (PT) yang sudah maju (PT. Pembina).

Senin sampai Jumat merupakan hari aktif untuk kegiatan dosma, sedangkan Sabtu dan Minggu menadi kegiatan bebas (libur) kecuali ada kegiatan kunjungan atau travelling bersama Pembina dan Tim Support Dosma ITB. Biaya untuk pelaksanaan program magang dibebankan kepada anggaran Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI Kemenristekdikti.

Humas & Protokoler UTS

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin