Career Autopilot, Langkah Kongkrit Kerja Sama UTS dan Cademix Institute of Technology

Career Autopilot dilaksanakan pada 18 Juni 2021 sebagai langkah awal kolaborasi setelah ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Universitas Teknologi Sumbawa dengan Cademix Institute of Technology. Dengan tema “Pathway to Study & Work in Europe”, webinar ini diselenggarakan oleh Direktorat Kerja Sama Luar Negeri UTS, berkolaborasi dengan Career Development Center (CDC) UTS dan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB.


Diikuti oleh 45 peserta yang merupakan mahasiswa semester akhir UTS, Alumni UTS serta Penerima dan Alumni Beasiswa NTB, acara dimulai dengan sambutan oleh Direktur LPP NTB, Irwan Rahadi, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau memberi apresiasi atas inisiasi kegiatan Career Autopilot ini yang sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi NTB untuk berkomitmen mendukung pengembangan kapasitas masyarakat NTB melalui bidang pendidikan. LPP NTB sangat antusian untuk bisa melakukan kerjasama yang lebih jauh.

Keynote Speaker atas nama UTS disampaikan oleh Dr. Ali Budhi Kusuma, S.Si., M.Sc., ALS, Dosen Fakultas Teknobiologi UTS sekaligus alumni program Doktor di Newcastle University, United Kingdom. Dalam kesempatan ini, dosen yang akrab disapa Mas Alidhi, berbagi pengalamannya tentang bagaimana dinamisnya tinggal di luar negeri dan manfaatnya bagi pengembangan diri seseorang. Menurutnya, belajar dan berkarir di luar negeri adalah hal yang layak untuk dilakukan, khususnya bagi alumni UTS dan alumni Beasiswa NTB yang mayoritas masih muda.

Webinar ini dihadiri langsung oleh Presiden Cademix Institute of Technology, Dr. Javad Zarbakhsh, sekaligus Narasumber. Dalam pemaparannya, Dr. Javad menekankan bahwa kunci utama sebelum memutuskan pergi ke Eropa adalah menetapkan tujuan yang jelas. Hal ini menjadi dasar bagi Cademix untuk bisa memberikan panduan dan penempatan yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan peserta. Cademix dalam setiap kegiatan seminarnya memaparkan bagaimana realitas transisi dari kehidupan universitas ke dunia kerja. Tujuannya, para peserta yang didominasi oleh lulusan universitas, dapat memahami kemampuan dan kompetensi apa yang menjadi kebutuhan utama dunia industri dan perusahaan, khususnya di Eropa. Bekerja di Eropa pada dasarnya membutuhkan keseimbangan dan kemampuan seseorang untuk terbuka dalam memahami dasar-dasar dari bidang ilmu lainnya. Dr. Javad memberikan kesempatan kepada peserta webinar ini jika memerlukan bimbingan dan penilaian Curriculum Vitae (CV) untuk melamar pekerjaan di Eropa.

Selain pelatihan untuk bekerja, Cademix juga menyediakan skema pembayaran Student Loan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di universitas di Eropa namun terkendala finansial. Skema ini seperti pinjaman dana kuliah yang dibayarkan dahulu oleh Cademix, dan pembayaran oleh mahasiswa dilakukan setelah mendapat pekerjaan.

Direktorat Kerjasama Luar Negeri UTS mengungkapkan bahwa akan memanfaatkan semaksimal mungkin kerjasama dengan Cademix Institute of Technology ini, untuk memberikan dukungan bagi alumni UTS yang ingin melanjutkan pendidikan atau pun berkarir di Eropa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin