UTS English Contest: Youth Role on preserving local Language in the Midst of Pandemic.

Keriuhan dan keceriaan pada pagi tanggal 27 Oktober 2021 di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Kabupaten Sumbawa seperti sedang menyambut “Hari Peringatan Sumpah Pemuda”. Apakah gerangan yang sedang terjadi? Ada beberapa peserta yang memakai kostum pakain adat Kalimantan, pakaian adat Jawa, pakaian adat Sumatera, pakaian adat Sasak, pakaian adat Bima dan tentunya pakaian adat Sumbawa. Beberapa orang tua dan guru-guru telah memadati lantai tiga sejak pukul tujuh pagi. Beberapa peserta juga didampingi oleh teman-temannya yang membawakan alat peraga berupa tongkat, lukisan-lukisan, dan gendang. Di depan aula terdapat spanduk besar bertuliskan UTS English Contest: youth role on preserving language in the midst of pandemic. Terjemahannya: kontes Berbahasa Inggris UTS: Peran pemuda dalam melestarikan bahasa di tengah Pandemi. Bulan Oktober dipilih karena cukup special.  
Oktober diperingati sebagai Bulan Bahasa. Di bulan oktober pun banyak terdapat kejadian-kejadian penting yang tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia dan dunia, seperti 1 Oktober dikenal sebagai hari Kesaktian pancasila, 10 Oktober hari kesehatan Mental sedunia, 16 Oktober hari pangan sedunia, 28 oktober hari sumpah Pemuda, dan seterusnya. Tepat hari ini tanggal 28 Oktober.
27/10/2021, Unit Pelayanan Teknis Bahasa Universitas Teknologi Sumbawa mengadakan kompetisi Berbahasa Inggris dengan katerogi perlombaan meliputi: lomba speech, Storytelling, influencer, essay, dan poetry. Masing-masing lomba dijurui oleh tiga juri yang berkompeten seperti: Wirentake S.Pd. M.Pd., Furqanul Hakim S.S, M.Pd., Dita Rezkia S.IP. M.Pd., Topan Rahmatul Iman S.Pd. .M.A., Yana Karisma S.Pd. M.A., Winda Meiriastuti, S.Pd., M.A., Pratiwi Sakti, S.S., M.Hum. Yana Karisma selaku ketua Panitia UTS Englisch Contest dalam sambutannya menyatakan, tujuan diadakan lomba ini sangat sederhana yaitu: ada empat keterampilan yang dibutuhkan untuk menguasai bahasa inggris, yakni: keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Maka dari itu dengan diadakannya lomba ini diharapkan mampu menjembati kebutuhan aktualisasi diri bagi guru-guru sebagai Pembina peserta dan  khususnya peserta didik.
Peserta lomba meliputi seluruh siswa-siswi SMP dan SMA se Provinsi NTB. Sebanyak 250 pendaftar yang memenuhi kriteria untuk masuk kedalam babak penyisihan. Setelah diseleksi maka terpilihlah delapan besar yang akan maju ke babak final. Delapan besar per kategori lomba ini berhak ikut babak final secara langsung di Aula Kantor Bupati.
Storytelling, speech, dan poetry dilakukan penjurian secara terbuka, yakni masing-masing peserta maju kedepan dan menampilkan speech, storytelling, dan poetry mereka di depan audiens yang memadati Aula. Ada tekanan mental tersendiri yang dihadapi oleh para peserta yang tampil di depan umum, mengingat tidak semua siswa SMP dan SMA siap untuk tampil di depan umum. Di depan orang yang tidak di kenal, harus menjelaskan menggunakan bahasa Inggris, harus berpuisi menggunakan bahasa Inggris, harus bercerita menggunakan bahasa Inggris. Tetapi inilah kompetisi, sengaja diadakan untuk salah satunya menguji mental dan membangun relasi dengan kawan sebaya dari berbagai latar belakang dan daerah yang berbeda. 

Rector Universitas Teknologi Sumbawa, Chairul Hudaya, Ph.D dalam sambutannya, menyatakan “saya dulu ikut kompetisi begini, tidak hanya untuk menang tetapi membangun relasi” beliau memberikan sambutan meriah dan antusias serta mengapresiasi kinerja UPT Bahasa beserta jajarannya. Tidak lupa pula sebagai tuan rumah kita tercinta, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, sambutan acara ini disambut langsung oleh Ibu Noviana, M.Pd. beliau mengapresiasi kegiatan yang diadakan ini dan berharap dapat terus diadakan secara berkala sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Sumbawa khususnya dan NTB pada umumnya.

Lomba Essay dan Influencer diadakan dalam ruagan yang tertutup dengan penjurian yang sangat ketat. Dalam sesi lomba essay peserta lomba dihadirkan satu-satu untuk mempertanggungjawabkan essay yang mereka tulis satu-satu dihadapan para juri, aspek-aspek yang ditanyakan pun tidak terlepas dari essay yang mereka tulis sendiri seperti aspek “kesesuain antara proses menjawab soal interview dan essay yang mereka tulis” aspek “sikap” yang meliputi “pertanyaan seputar bagaimana mereka melakukan proses penulisan essay dan pada batasan mana Pembina (dalam hal ini guru) membantu mereka untuk menulis essay.

Adapun aspek yang cukup jelas didalam kategori lomba selanjutnya adalah aspek dalam kategori lomba puisi yakni, aspek struktur, aspek pelafalan, aspek intonasi dan nada, aspek rasa (sense), aspek bahasa tubuh.

Keluar sebagai pemenang dari berbagai kategori lomba yaitu;

Kategori Lomba: SPEECH COMPETITION
1. Nabila Pandora Landriani MAN 2 Mataram
2. Christine Jumercy Dao SMA Negeri 2 Sumbawa Besar
3. Arsyadilla Sophia Fidduha SMA IT Samawa Cendikia

Kategori Lomba: ESSAY
1. Lintang Kasih Suraatmaja SMA Plus Aisyah Samawa
2. Putri Adelia Zafira SMA 1 Sumbawa
3. Tia Kusuma Wardani SMA Plus Aisyah Samawa

Kategori Lomba: POETRY
1. Linda Widhi Asih SMPN 2 Labuhan Badas
2. Julia Safira SMPN 1 Sumbawa Besar
3. Fidya Vicka Safitri SMP Plus Aisyah Samawa

Kategori Lomba: THE INFLUENCER
1. Nayla Nashirah Khumaini SMA Negeri 1 Taliwang
2. Baiq Niki Ayuningtyas MAN 2 Mataram
3. Ghina Salsabila MAN 2 Kota Bima

Kategori Lomba: STORY TELLING
1. Rado Dewana Putra SMPN 1 Sumbawa Besar
2. Ayreen Aufa Aurelia SMPN 1 Sumbawa Besar
3. Keko Satria Pratama SMP IT Samawa Cendikia

Ketua Devisi Acara Winda Meirastuti berharap Lomba ini dapat terus diadakan pertahun. Ketua panitia menambahkan, untuk tahun depan kita membutuhkan banyak sponsor untuk mensponsori lomba ini sehingga mampu menghadirkan juri undangan dari luar kota Sumbawa dan menyediakan akomodari untuk mereka.

144 Mahasiswa FEB UTS Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) Batch 1 2024

Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) UTS bekerjasama dengan CV...

Read MoreJuni 10, 2024

KMS UTS Sosialisasikan Pembuatan Paving Blok Kepada Masyarakat Desa Pernek

Sumbawa, 6 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Sipil dan Program...

Read MoreJuni 10, 2024

SMArt UTS 2024, Hadirkan Kreasi dan Karya Generasi Muda 

UTS telah menggelar SMArt Event 2024 pada 28/05/2024 bertempat di...

Read MoreJuni 10, 2024