Fakultas Rekayasa Sistem, Kolabarasi dengan Esports Indonesia melakukan Roadshow Literasi Digital

Sumbawa Besar – Kondisi pandemi saat ini berdampak terhadap semua sector, salah satu sector yang berdampak sangat panjang adalah Pendidikan. Kondisi pandemi yang memaksa pelajar untuk selalu diam di rumah melakukan kegitan pembelajaran dari rumah bagi Sebagian besar pelajar tentu sangatlah membosankan. Salah satu kegiatan yang dapat membantu mengurangi rasa kebosanan tersebut adalah dengan bermain game.
Namun kondisi yang terjadi saat ini, para milenial cenderung kurang disiplin dalam memanfaatkan waktu. Waktu yang digunakan bermain game justru cenderung melebihi waktu yang digunakan untuk belajar. Hal ini berdampak pada beberapa kewajibannya jurstru menjadi terabaikan.
Melihat fenomena tersebut, bertepatan pada hari Sumpah Pemuda, yaitu 28 Oktober 2021 bertempat di SMAN 2 Sumbawa Besar, Fakultas Rekayasa Sistem berkolaborasi dengan pengurus ESI Kabupaten Sumbawa dan UKM Esports UTS melakukan Roadshow Literasi Digital yang berjudul “Esports dalam Fenomena Pendidikan Masa Kini”. Kegiatan yang dibuka oleh KCD Diknas Sumbawa yang saat itu diwakilkan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Sumbawa, Syahyuddin, S.Pd, MA. TSOL “. Dalam sambutannya disampaikan bahwa “Jangan tanggung-tanggung dalam menginvestasikan waktu pada suatu hal. Termasuk juga dengan esports ini, jika ingin menjadi atlet professional maka harus serius.”, disampaikan juga bahawa Sekolah akan memfasilitasi seluruh kegiatan positif, namun tentunya nilai-nilai akademiknya harus tetap bagus. “

Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini seperti yang disampaikan oleh ketua ESI I Made Widiarta, S.Komp, M. M. Inov dalam sambutannya adalah untuk melakukan edukasi kepada para milenial agar dapat memanfaatkan waktu secara optimal. Dengan meningkatnya pemahaman tentang literasi digital diharapkan dapat menjadi agen-agen perubahan secara positif baik untuk dirinya sendiri ataupun masyarakat disekitarnya. Selain sebagai sarana edukasi, kegiatan ini juga menjadi ajang sosialisasi ESI Kabupaten Sumbawa dalam mencari bibit-bibit atlet daerah. Karena untuk esports ini, usia-usia atlet yang produktif lebih banyak di dominasi oleh para pelajar.  
Kegiatan ini dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Rekayasa Sistem, Mietra Anggara, M.T.. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih kepada SMAN karena telah diberikan kesempatan untuk melakukan pengabdian masyarakat. Karena tugas utama dari dosen adalah melakukan tri dharma perguruan tinggi, yaitu penelitian, pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat. Dan roadshow ini merupakan bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat.
Dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber. Yang mana Narasumber pertama yaitu bapak M. Julkarnain., M.Sc menyampaikan Materi dengan Tema “AMAN BERMEDIA DIGITAL” , Narasumber kedua yaitu bapak Yunanri W, M.Kom menyampaikan materi dengan tema ” KEAMANAN DATA ” , dan Narasumber ketiga yaitu dengan bapak I Made Widiarta S.Kom. M. M. Inov. menyampaikan materi dengan tema “KREATIF DI SAAT PANDEMI”
Sukses selalu ESports Indonesia Kabupaten Sumbawa dalam menjadikan atlet yang bertalenta di Kabupaten Sumbawa untuk berhasil secara seimbang dalam meraih cita-cita berkarir maupun berolahraga digital. Salam Berprestasi !!!

Kunjungi BRIN, UTS Teken MoU Sukseskan Program MBKM

Membuka peluang bagi mahasiswa untuk memperoleh sebaik-baiknya serta sebanyak-banyaknya ilmu...

Read MoreDesember 3, 2022

UTS Silaturahmi ke Perusahaan Tambang Batu Bara PT Adaro Indonesia

Rektor UTS telah melakukan kunjungan kerja ke PT Adaro Indonesia,...

Read MoreDesember 3, 2022

UTS Teken MoU dan MoA dengan PT Nanotech Indonesia Global

Rektor UTS telah melakukan kunjungan kerja ke PT Nanotech Indonesia...

Read MoreDesember 3, 2022

Kepala BIG Berikan Kuliah Umum Pemanfaatan Informasi Geospasial Dalam Upaya Mitigasi Bencana dan Pembangunan Wilayah Untuk Mahasiswa FTLM UTS

Sumbawa – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia, Prof. Dr....

Read MoreDesember 3, 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin