Fakultas Rekayasa Sistem, Kolabarasi dengan Esports Indonesia melakukan Roadshow Literasi Digital

Sumbawa Besar – Kondisi pandemi saat ini berdampak terhadap semua sector, salah satu sector yang berdampak sangat panjang adalah Pendidikan. Kondisi pandemi yang memaksa pelajar untuk selalu diam di rumah melakukan kegitan pembelajaran dari rumah bagi Sebagian besar pelajar tentu sangatlah membosankan. Salah satu kegiatan yang dapat membantu mengurangi rasa kebosanan tersebut adalah dengan bermain game.
Namun kondisi yang terjadi saat ini, para milenial cenderung kurang disiplin dalam memanfaatkan waktu. Waktu yang digunakan bermain game justru cenderung melebihi waktu yang digunakan untuk belajar. Hal ini berdampak pada beberapa kewajibannya jurstru menjadi terabaikan.
Melihat fenomena tersebut, bertepatan pada hari Sumpah Pemuda, yaitu 28 Oktober 2021 bertempat di SMAN 2 Sumbawa Besar, Fakultas Rekayasa Sistem berkolaborasi dengan pengurus ESI Kabupaten Sumbawa dan UKM Esports UTS melakukan Roadshow Literasi Digital yang berjudul “Esports dalam Fenomena Pendidikan Masa Kini”. Kegiatan yang dibuka oleh KCD Diknas Sumbawa yang saat itu diwakilkan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Sumbawa, Syahyuddin, S.Pd, MA. TSOL “. Dalam sambutannya disampaikan bahwa “Jangan tanggung-tanggung dalam menginvestasikan waktu pada suatu hal. Termasuk juga dengan esports ini, jika ingin menjadi atlet professional maka harus serius.”, disampaikan juga bahawa Sekolah akan memfasilitasi seluruh kegiatan positif, namun tentunya nilai-nilai akademiknya harus tetap bagus. “

Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini seperti yang disampaikan oleh ketua ESI I Made Widiarta, S.Komp, M. M. Inov dalam sambutannya adalah untuk melakukan edukasi kepada para milenial agar dapat memanfaatkan waktu secara optimal. Dengan meningkatnya pemahaman tentang literasi digital diharapkan dapat menjadi agen-agen perubahan secara positif baik untuk dirinya sendiri ataupun masyarakat disekitarnya. Selain sebagai sarana edukasi, kegiatan ini juga menjadi ajang sosialisasi ESI Kabupaten Sumbawa dalam mencari bibit-bibit atlet daerah. Karena untuk esports ini, usia-usia atlet yang produktif lebih banyak di dominasi oleh para pelajar.  
Kegiatan ini dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Rekayasa Sistem, Mietra Anggara, M.T.. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih kepada SMAN karena telah diberikan kesempatan untuk melakukan pengabdian masyarakat. Karena tugas utama dari dosen adalah melakukan tri dharma perguruan tinggi, yaitu penelitian, pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat. Dan roadshow ini merupakan bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat.
Dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber. Yang mana Narasumber pertama yaitu bapak M. Julkarnain., M.Sc menyampaikan Materi dengan Tema “AMAN BERMEDIA DIGITAL” , Narasumber kedua yaitu bapak Yunanri W, M.Kom menyampaikan materi dengan tema ” KEAMANAN DATA ” , dan Narasumber ketiga yaitu dengan bapak I Made Widiarta S.Kom. M. M. Inov. menyampaikan materi dengan tema “KREATIF DI SAAT PANDEMI”
Sukses selalu ESports Indonesia Kabupaten Sumbawa dalam menjadikan atlet yang bertalenta di Kabupaten Sumbawa untuk berhasil secara seimbang dalam meraih cita-cita berkarir maupun berolahraga digital. Salam Berprestasi !!!

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024