Kewirausahaan dan Inovasi dalam Membangun Agro Industri dan Pariwisata di Nusa Tenggara Barat

Inovasi sebagai sebuah hal baru yang berangkat dari ilmu pengetahuan yang dapat memberi manfaat bagi kehidupan kita tentunya sangat dibutuhkan disegala bidang kehidupan, baik untuk memudahkan kehidupan kita sehari-hari, dalam bekerja dan berusaha. Tidak terkecuali dalam lini berwirausaha, inovasi menjadi suatu hal yang mutlak diperlukan untuk keberlangsungan usaha/bisnis. Tanpa adanya inovasi, suatu usaha bisnis tidak akan bisa berjalan ketika menghadapi tantangan. Dengan adanya inovasi, seorang usahawan dapat memaksimalkan usahanya.

Inovasi merupakan hal yang wajib dilakukan dalam kewirausahaan. Inovasi menjadi sebuah tuntutan bagi mereka yang menggeluti setiap jenis usaha, baik usaha dalam skala kecil, menengah, maupun skala besar. Tentu saja, inovasi bisnis ini sangatlah penting mengingat perkembangan ekonomi yang terus bergerak. Melihat pentingnya hal ini, Manajemen Inovasi UTS telah menyelenggarakan Kuliah Umum bertema “Kewirausahaan dan Inovasi dalam Membangun Agro Industri dan Pariwisata di Nusa Tenggara Barat” bertempat di Ruang Publik Kreatif Universitas Teknologi Sumbawa (18/09/21).

Dibuka langsung oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M. Sc dalam sambutannya, Bang Zul akrab Ia disapa
menjelaskan bahwa secara sederhana manajemen inovasi merupakan sebuah proses perencanaan, yang kemudian menjadi pelaksanaan dan evaluasi. Sehingga mahasiswa/i diharapkan tidak hanya mampu menghasilkan sebuah inovasi namun juga bagaimana mengola inovasi tersebut agar dapat terwujud.

Lebih jauh, Ia juga mengingatkan bahwa sebuah inovasi dapat dimulai dari hal-hal sederhana. “Inovasi dapat dimulai dari pribadi kita sendiri dan sedini mungkin, ambil contoh dari bagaimana guru-guru kita mengajar di sekolah zaman dulu, andai inovasi ini diterapkan sejak pendidikan PAUD misalkan, pastilah banyak dari siswa/i kita yang tidak akan takut pada mata pelajaran tertentu, atau bahasan tertentu. Untuk rekan-rekan mahasiswa peserta kuliah umum hari ini, Pascasarjana Manajemen Inovasi, teruslah mengobarkan semangat menggali ilmu dan juga berinovasi.” Tukas Bang Zul.

Sementara itu, Chairul Hudaya, Ph. D Rektor UTS menyampaikan, bahwa Pascasarja Inovasi Manajemen diisi oleh dosen-dosen dengan kualitas terbaik, sehingga Mahasiswa/i diharap mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dan juga dengan sebaik-baiknya. Melalui hal tersebut tentu akan mendukung terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni bagi daerah khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Setali tiga uang dengan hal tersebut Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M. Si, selaku pemateri dalam kuliah umum ini pun menyampaikan tentang betapa banyak potensi yang dapat di gali dari NTB, dimasa ini tentu pendukungan penuh harus dilakukan untuk UMKM atau bentuk usaha lain yang ada, kita tahu bahwa hal tersebut adalah penyokong perekonomian kita. Menghadapi tantangan diperlukan SDM berkualitas, yang dapat menciptakan berbagai keunggulan, baik keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif, melaluo proses kreatif dan inovatif wirausaha.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin