Sinergi UTS dan Litbang Bappeda NTB untuk Pemeringkatan Inovasi Daerah

Kunjungan kerja Wakil Rektor III UTS ke Mataram, diawali dengan mengunjungi Bappeda Mataram sebagai bentuk kunjungan balasan yang tempo hari dilakukan oleh tim Litbang Bappeda ke UTS. Pertemuan yg dilaksanakan pada Selasa (7/9/2021) di ruang Litbang Bappeda disambut langsung oleh Kabid Litbang L. Suriyadi bersama jajarannya. Dalam kunjungan tsb didiskusikan terkait Inovasi daerah dan peningkatan nya, terutama terkait peran kampus dalam inovasi daerah di NTB.

Ada banyak sekali inovasi yg bisa dimasukkan dalam list inovasi daerah, tentunya keperluan inovasi ini bukan hanya sekedar banyak banyakan inovasi, tapi juga dari penerapan dan manfaatnya. Terutama untuk peningkatan peringkat inovasi daerah dikancah nasional yg biasanya dilakukan oleh Kemendagri di setiap tahunnya. Untuk mencapai nilai yg baik, inovasi berbasis teknologi seperti Aplikasi dan teknologi tepat guna baik yg ditujukan untuk mengatasi Covid-19 maupun yg non covid peruntukannya.

Wakil Rektor III UTS, Khotibul Umam, M.Sc menyampaikan bahwa, “UTS Saat ini memang sangat fokus dengan output dari setiap kegiatan Tridarma nya dalam menghasilkan inovasi. Karena di level kampus pun ada IKU dalam mencapai inovasi, dan ni juga diukur indeksnya. Sinergi ini pas sekali, sehingga inovasi yg ada di kampus memang seharusnya dilibatkan dalam list inovasi daerah, dan kami punya banyak sekali tinggal disinkronkan model pelaporannya saja”, tukas Umam.

Kabid Litbang dalam kesempatan tsb juga berharap dengan adanya sinergi ini, nantinya bisa menaikkan peringkat inovasi daerah. Saat ini, inovasi NTB berada dalam inovasi di peringkat atas, karena mulai adanya kesadaran kita dalam berinovasi, tapi tentu harus ada pola atau sistem untuk terus menumbuhkan semangat inovasi ini. “Kami rasa tepat arahnya diskusi hari ini untuk menjadikan kampus sebagai salah satu kontributor inovasi daerah”, tutup Kabid Litbang.

Diskusi yang berlangsung santai selama kurang lebih satu jam tersebut kemudian dilanjutkan dengan kunjungan tim UTS ke STIP Banyu Mulek untuk melihat sentra industrialisasi dan alat Pirolisis pereduksi sampah plastik NTB.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024