Uji Publik Rencana Strategis (RENSTRA), Rencana Operasional (RENOP), Kurikulum, Rencana Induk Penelitian dan Rencana Induk Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Pertanian.

Oleh :
Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Teknologi Sumbawa  

Selasa (29/03/2022) bertempat di Raberas Resto, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Teknolog Sumbawa menyelenggarakan kegiatan “Uji Publik Rencana Strategis (RENSTRA), Rencana Operasional (RENOP), Kurikulum, Rencana Induk Penelitian dan Rencana Induk Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Pertanian UTS. Dimana yang dihadiri oleh pejabat struktural UTS diantaranya Rektor Bapak Chairul Hudaya P.hD, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 3, perwakilan BPMA, Dekan, Ketua Program Studi THP dan TIP FATETA dan beberapa stakeholder yang terdiri dari Ketua Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram, Ketua Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Ketua Program Studi Teknologi Pangan Universitas Bumigora Mataram, Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram, CV. Nealma Food, PT. Central Rezeki Agrindotama, PT. Foodex Inti Ingredients, beberapa lembaga yang terkait, Alumni  dan perwakilan mahasiswa FATETA UTS.
 
Acara ini pertama-tama dibuka oleh Dekan FATETA Bapak Chairul Anam Afgani, S.TP., M.P kemudian dibuka oleh Rektor UTS Bapak Chairul Hudaya P.hD.
 
“Renstra, Renop, Kurikulum, RIP dan RIPM PTS, Ini merupakan pedoman sebuah perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan. Renstra dan Renop fakultas, Kurikulum, RIP dan RIPM program studi bisa disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh daerah kita, agar menjadi suatu ciri khas Fakultas kita dan dapat memberikan sesuatu pada daerah kita” Chairul Hudaya P.hD. Rektor UTS dalam menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan, setelah sebelumnya pembukaan Dekan FATETA UTS.

Renstra, Renop, Kurikulum, Rencana Induk Penelitian dan Rencana Induk Pengabdian Masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta. Tantangan Fakultas pada saat ini, paling tidak mencakup 3 hal yaitu adanya perubahan paradigma baru yang dipacu oleh Revolusi Industri 4.0, penyelenggaran Fakultas yang bersaing untuk mencapai mutu seoptimalnya, persaingan dengan Fakultas lain yang mulai masuk dalam bidang pendidikan tinggi di negara kita.
 
Untuk mengantisipasi perubahan dan tantangan tersebut, setiap fakultas khususnya fakultas dari Pergurian Tinggi Swasta harus mempunyai rencana induk pengembangan yang komprehensif. Penyusunan Renstra merupakan langkah awal yang harus dilakukan, kemudian semua program dan kegiatan dituangkan dalam Renop dan sebagian dalam Kurikulum, RIP dan RIPM.
 
“Setiap prodi harus mengacu pada Renstra dan Renop, Setiap prodi harus mempunyai keunggulan masing masing, kita harus maju dengan ciri khas kita, kembangkan sumber daya yang ada. evaluasi Renstra dan Renop dengan memperhatikan apa kebutuhan masyarakat, pemerintah di masa depan agar Pergurian Tinggi Swasta kita di Nusa Tenggra Barat menjadi pilihan masyarakat”
 
Pemaparan materi uji publik dilaksanakan oleh wakil dekan Ibu Ihlana Nairfana S.TP., M.Si mengenai Renstra dan Renop, dari ketua program studi Teknologi Hasil Pertanian Ibu Ratna Nurmalita Sari, S.TP., M.Sc dan sekretaris program studi Teknologi Industri Pertanian bapak Lalu Heri Rizaldi, S.TP,. MT. Teknik uji publik yang dilaksanakan secara Online dan Offline. Diharapkan setelah diadakan uji publik ini Pergurian Tinggi Swasta khususnya Fakultas Teknologi Pertanian UTS melakukan evaluasi terhadap Renstra, Renop, Kurikulum, RIP dan RIPM yang mereka miliki. Dengan dilaksanakannya uji publik ini diharapkan dapat menjadi media yang tepat untuk berbenah dan memperbaiki Fakultas Teknologi Pertanian UTS yang lebih maju dengan mempertimbankan masukan dari berbagai stakeholder.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin