Expo Kampus Merdeka, Wujud Kontribusi UTS Mendukung MXGP Sumbawa

Sejak dicanangkan di 2020 silam oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) telah menghasilkan banyak bentuk dan capaian dari kampus kampus yang ada di Indonesia. Euforia gelaran Kampus Merdeka ini sangat lantang bisa kita dengar karena memang salah satu gaung yang ingin disampaikan adalah pola belajar yang fleksibel dan relevan dengan dunia saat ini. Mahasiswa bebas belajar dimanapun dan dosen pun bisa berkegiatan dibanyak tempat dengan tetap mengakomodir nilai kreditnya, tentu sesuai koridor yang ada. Kontribusi kampus dalam menghadirkan penjabaran dari Kampus Merdeka ini pun beragam, misalnya Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menerjemahkannya dalam kegiatan Bina Desa atau yang dikenal dengan istilah Program Merdeka, UTS Mengajar, Magang Dunia Industri, Riset dan Kewirausahaan. Sebagai bentuk publikasinya di tengah masyarakat maka diadakanlah expo yang kali ini bertajuk “Expo Kampus Merdeka Road to MXGP Sumbawaā€¯ pada Sabtu 18 Juni 2022.

Seperti namanya, maka expo kampus merdeka ini menampilkan hasil-hasil dari pembelajaran dan kegiatan mahasiswa maupun dosen yang terangkum dalam aktifitas kampus merdeka yang sangat mendukung agenda besar MXGP Sumbawa. Selain itu, karena ditujukan untuk menjadi side event perhelatan MXGP Sumbawa 2022, maka orientasi expo dispesifikan pada inovasi dan teknologi penunjang MXGP, baik itu inovasi berbasis aplikasi, teknologi tepat guna dan festival budaya yang akan menjadi penyemarak perhelatan MXGP Sumbawa 2022. Expo dihadiri kurang lebih sebanyak 500an pengunjung terdiri dari unsur kampus, undangan dari Dinas, Desa, Kecamatan, pelaku UMKM dan para masyarakat umum yang turut memeriahkan dengan ikut terlibat dalam berbagai lomba yang diadakan. Hadir pula dalam kegiatan expo Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd sekaligus membuka secara resmi kegiatan expo Kampus Merdeka. Ibu Wabup menyampaikan apresisasi terhadap kegiatan expo kampus merdeka karena menjadi penyemarak event MXGP yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Selain itu, pastinya program merdeka yang menjadi motor penggerak produk produk kreatif desa binaan UTS mampu memberikan dampak positif untuk kemajuan desa dan yang terpenting produk-produk ini akan semakin memperkaya olahan lokal Sumbawa sehingga bernilai ekonomi. Desa harus siap mendukung penuh, bahkan perlu untuk dianggarkan dalam APBDes nya kegiatan Program Merdeka.

Dalam sesi kunjungan ke stand-stand yang terdiri dari produk inovasi desa, teknologi inovasi kampus dan UMKM, Bu Wabup turut serta didampingi oleh Bu Hj. Niken Zulkifliemansyah yang kebetulan menyempatkan hadir di venue acara, Lapangan Pahlawan bersama Rektor UTS dan WR III UTS mendatangi setiap stand untuk melihat inovasi yang dihasilkan. “Produk-produk inovasi ini luar biasa sekali, sangat mampu untuk go nasional bahkan internasional”, ucap Bu Niken. Bahkan Bu Wabup dan Bu Niken langsung memesan beberapa produk yang sudah sangat siap untuk dipasarkan.

Rektor UTS, Chairul Hudaya Ph. D merasa bangga dengan kegiatan expo kampus merdeka ini, karena cukup banyak ditampilkan inovasi UTS yang bagus dari para mahasiswa dan dosen. “Sejak awal memang kami di UTS sudah mengarahkan untuk berkomitmen dan focus dalam mendukung perhelatan MXGP ini dengan inovasi berbasis kampus sebagai kontribusi nyata UTS. Kampus harus menjadi terdepan dalam menawarkan inovasi yang dapat memudahkan akses para wisatawan yang datang juga dapat membawa produk lokal desa yang ada di Sumbawa nantinya ke daerah mereka masing masing baik yang nasional maupun internasional”, jelas Rektor UTS.

“Ada 48 jenis produk dari 18 Desa peserta Program Merdeka. Dari total 159 desa yang ada di Kabupaten Sumbawa, Program Merdeka UTS telah terlaksana di 83 desa. Insyaallah hingga akhir tahun 2024 mendatang seluruh desa di Sumbawa telah tercover. Ini adalah sumbangsih nyata institusi pendidikan tinggi terhadap masyarakat. Kami menyebutnya UTS Membumi.” Imbuh Rektor.

Dikuatkan juga oleh Wakil Rektor III yang membidangi Riset dan Inovasi Khotibul Umam, M.Si sebagai lead dari kegiatan Expo Kampus merdeka ini, “ada banyak jenis produk yang kami coba hadirkan baik itu dari inovasi mahasiswa di desa maupun dari kontribusi setiap fakultas di UTS. Produk inovasi ini seperti produk pangan, agrokompleks, teknologi tepat guna maupun aplikasi berbasis computer. Tentu kami berharap, inovasi ini akan mempermudah gelaran MXGP 2022 dengan aplikasi aplikasi yang dihasilkan SDM kami”, imbuh Umam.

MXGP Sumbawa memang menjadi kewajiban kita bersama seluruh masyarakat Sumbawa untuk mensukseskan kegiatan tersebut, maka UTS sebagai bagian dari lokomotif kemajuan Sumbawa, akan selalu bergerak di depan untuk memberikan kontribusi nyatanya sesuai tagline nya untuk selalu membumi dan mendunia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin