Yudisium FISIP UTS; Rektor : “Nilai I-BIRTH Bisa Menjadi Bekal Sukses Bagi Lulusan”

Sumbawa – Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Teknologi Sumbawa menyelenggarakan Yudisium pada Rabu (08/02/2023). Bertempat di Sumbawa Grand Hotel, yudisium kali ini meluluskan 32 mahasiswa dari 3 program studi. Ini adalah perdana FISIP UTS melakukan Yudisium untuk program studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan dan Sosiologi secara bersamaan.

Dalam acara yang dihadiri juga oleh Rektor UTS, Chairul Hudaya menyampaikan beberapa hal yang menjadi harapan kampus terhadap lulusan. “ Saya ingin menyampaikan selamat untuk lulusan yang dikukuhkan hari ini karena banyak yang tidak bisa memiliki kesempatan tersebut dan tidak lulus kala menjalani ujian selama kuliah. Kedua, terimakasih kepada para dosen yg sudah mencetak lulusan tersebut. Semangat menebar manfaat untuk sekitar, pegang teguh selalu nilai nilai I-BIRTH, In Syaa Allah anda semua menjadi orang yang sukses. Salam hormat dan terima kasih kepada kedua orang tua/wali yang telah mempercayakan putra putrinya mengenyam pendidikan tinggi di Kampus Elang Muda, Olat Maras.”

Selaku Pimpinan Universitas, Chairul juga menjelaskan lebih jauh mengenai nilai yang ditanamkan oleh Universitas untuk diimplementasikan oleh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, terlebih lagi lulusan atau alumni.  I-BIRTH merupakan kependekan dari Integritas, Bertanggung jawab, Inklusif, Religius, Transformatif dan Humanis. I-BIRTH bermakna “saya senantiasa melahirkan kebaikan dan kebermanfaatan bagi semesta alam”. Lebih jauh Chairul juga menjelaskan hal tersebut dalam Rector Notes Nomor 408.

Sejalan dengan Enam Nilai di Universitas, Dekan FISIP UTS menyampaikan ada tiga nilai yang tidak kalah utama yang harus dimiliki oleh lulusan. Selaku pimpinan di tingkat fakultas, Aka Kurnia SF menyampaikan harapan dari program studi dan fakultas. “Menjadi lulusan haruslah memiliki modal utama. Pertama adalah sikap, kedua adalah keilmuan yang mumpuni dan yang yang ketiga adalah networking. Fakultas berharap lulusan FISIP memiliki integritas sebagai hasil dari belajar di kampus”

Selain menyampaikan ucapan selamat, Dekan dan Rektor menyampaikan harapan yang sama pada momentum sakral tersebut.  Bahwa manusia harus memiliki nilai yang bisa membuat manusia menjadi sukses dengan nilai-nilai yang telah diteladani tersebut. Universitas berharap lulusan mengapresiasi keberhasilan diri mereka hingga sampai di titik ini.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024