Fakultas Rekayasa Sistem Bekerja Sama Dengan Desa Sebewe Laksanakan Workshop Pembuatan Pakan Ternak (Konsentrat) Berkualitas

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat memang menjadi salah satu tugas pokok dosen yang tertuang dalam tri darma perguruan tinggi, dan menjadi tolak ukur pengaplikasian bidang keilmuan dari para tenaga pengajar di universitas. Kamis, 11 Agustus 2022 Fakultas rekayasa Sistem melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sebewe dalam mengoptimalkan produktivitas Bumdes yang berkelanjutan melalui kegiatan workshop pembuatan pakan ternak (konsentrat).
Dalam pelaksanaan kegiatan ini di hadiri oleh Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi dan Kerjasama Desa DPMD Kab. Sumbawa Hj. Silviana, SE, Camat Moyo Utara Muhammad Nur S, S.Tp, Kepala Desa Sebewe Muh. Shalahuddin, S.H beserta jajaran, Bumdes dan Kelompok Tani dan Ternak Desa Sebewe, Dekan & Wakil Dekan Fakultas Rekayasa Sistem serta Ketua Program Studi Peternakan.

Dalam kegiatan workshop yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sebewe ini, terdiri dari 2 sesi yaitu penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan konsentrat menggunakan 3 mesin yaitu mesin Hummer Mill, Mixer, dan Chooper. Adapun 3 topik yang disampaikan terkait pembuatan pakan ternak (konsentrat) yaitu pemateri pertama disampaikan oleh Imam Munandar, S.Pt., M.Si, Ketua Program Studi Peternakan dengan materi yang disampaikan tentang manajemen pemeliharaan ternak ruminansia.
Selanjutnya dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Silvia Firda Utami, S.T., M.Sc. selaku Wakil Dekan Fakultas Rekayasa Sistem tentang formulasi pembuatan pakan ternak (konsentrat). Serta pemateri terakhir yang disampaikan oleh Mietra Anggara, S.T., M.T. Dekan Fakultas Rekayasa Sistem dengan materi pengoperasian dan pemeliharaan mesin pembuatan pakan ternak (konsentrat).

Output dari pengabdian masyarakat ini diharapkan produk konsentrat ternak desa sebewe dapat di produksi secara masal dan dapat meningkatkan produktivitas Bumdes Desa Sebewe serta kelompok ternak Desa Sebewe dapat merasakan manfaat dari adanya produk dan mesin pembuatan pakan ternak ini.

Kades Desa Sebewe menyampaikan bahwa ada beberapa faktor yang membuat Ia terinspirasi untuk melaksanakan workshop pembuatan pakan ternak KONSENTRAT ini di Desa Sebewe. Sebelumnya Ia pernah berkunjung ke BRIDA propinsi NTB untuk melihat beberapa produksi mesin sederhana yang mampu di produksi sendiri oleh adik-adik mahasiswa dan kelompok UMKM di NTB, lalu sepulang dari sana Ia mencoba membangun komunikasi dan berdiskusi bersama beberapa Dosen  UTS, sehingga melahirkan beberapa ide yang memungkinkan untuk dilaksanakan untuk masyarakat Desa Sebewe dalam kaitannya di bidang pengembangan ternak besar khususnya tentang pembuatan konsentrat pakan ternak yang dapat dimanfaatkan dari limbah pertanian seperti limbah jagung, limbah jerami dan lain-lain. “Perkembangan kehidupan saat ini semakin hari semakin mengalami perubahan pesat, tidak menutup kemungkinan lahan pengembalaan menjadi sempit dan hilang, maka dari itu limbah pertanian menjadi alternatif yang sangat bagus, dapat menjadi barang yang punya nilai ekonomis dan peningkatan nutrisi hewan ternak. Kegiatan ini kami harapkan dapat dimanfaatkan oleh BUMDES agar mampu menangkap peluang,karena kami berharap Bumdes Sebewe dapat menjadi ‘Soko’ (penyokong) perekonomian desa. Terima kasih kepada pihak UTS dalam hal ini FRS telah berkenan membantu kami dalam melakukan Inovasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa Sebewe”. Tutur Shalahuddin.

Mietra Anggara mengataka dengan adanya kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dosen Fakultas Rekayasa Sistem dalam hal pengabdian kepada masyarakat dan dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Desa Sebewe serta semoga dapat bekerjasama kedepannya dalam kegiatan dibidang lainnya. “Semoga masyarakat dapat menyerap manfaat dari apa yang kami sampaikan, dan mencoba untuk mengaplikasikannya. Sehingga dapat membantu pihak desa juga para petani dan peternak dalam mengembangkan usahanya.”

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024