Tiga Dosen Universitas Teknologi Sumbawa, Mempresentasikan Hasil Penelitiannya pada the 3rd Geotourism Festival and International Confererence di Lombok

Tiga Dosen UTS yaitu Nurul Amri Komarudin dan Yuni Yolanda (Dosen Program Studi Teknik Lingkungan) dan Fahrunnisa (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi) telah mempresentasikan hasil penelitiannya terkait Pengelolaan Wisata Bahari Berbasis Masyarakat pada kegiatan the 3rd Geotourism Festival and International Conference. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10-11 Agustus 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang dihadiri oleh Peneliti dan Akademisi dari tingkat Nasional dan Internasional.

Ketiga dosen ini merupakan satu tim penelitian dan mengirimkan dua paper sekaligus, paper yang pertama berjudul “Community-Based Whale Shark Conservation to Strengthen Marine Tourism Management in Sumbawa” membahas terkait Konservasi Hiu Paus berbasis masyarakat di Teluk Saleh, Desa Labuhan Jambu dengan tujuan untuk merealisasikan model ekonomi biru bagi masyarakat pesisir di Sumbawa dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan konservasi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di Sumbawa, dan untuk paper yang kedua berjudul “Community-Based Marine Ecotourism Management in Prajak Area, Sumbawa”, yang membahas terkait Manajemen Ekowisata Bahari Berbasis Masyarakat yang dilakukan di Prajak Sumbawa dengan tujuan merancang zonasi ekowisata bahari yang tepat berdasarkan potensi ekologisnya, menganalisis kelayakan ekowisata laut berbasis masyarakat, dan menciptakan strategi pengelolaan ekowisata laut berbasis masyarakat di Prajak, Kabupaten Sumbawa.

Kedua paper tersebut berhasil lolos review tanpa revisi dari reviewer sehingga layak untuk dipresentasikan pada kegiatan Konferensi Internasional ini, selain dipresentasikan kedua paper ini akan dipublikasikan pada International Journal of Geotourism science and Development.
Geotourism Festival and International Conference atau yang lebih dikenal dengan geofest sendiri merupakan kegiatan yang dimulai selama pandemi sebagai bentuk ketahanan terhadap geopark dan geowisata di dalamnya terhadap bencana (pandemi Covid-19). Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19, dimana sedikitnya 20 juta orang di Indonesia bekerja di sektor ini (termasuk geowisata).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan geopark dan geowisata di Indonesia dan Asia Pasifik dalam situasi sulit. Geowisata merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam pengembangan geopark, namun sayangnya belum banyak program yang dilakukan dibandingkan dengan peningkatan jumlah geopark di Indonesia, terutama di masa pandemi. Geofest mencoba merangkul berbagai kalangan, khususnya pelaku pariwisata atau geowisata untuk meningkatkan dan meningkatkan kapasitas baik secara langsung maupun digital. Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2020, diinisiasi oleh UGGp Rinjani-Lombok bekerja sama dengan Jaringan Geopark Indonesia, Jaringan Geopark Asia Pasifik dan didukung oleh pemerintah, swasta dan UNESCO (UNESCO Global Geopark

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024