Dosen Fakultas Rekayasa Sistem Menjadi Pemateri di Ekskul Design UI/UX SMK Al-Kahfi Sumbawa

Pentingnya desain grafis dalam membuat atau mencetak sebuah karya, seperti brosur, formulir resume dan pamflet yang sering digunakan sebagian orang untuk mengiklankan atau memperkenalkan sesuatu. Tentu saja, semua ini membutuhkan pengetahuan ahli di bidang desain grafis sehingga tidak melakukan kesalahan. Desain yang baik adalah desain yang diperhatikan hingga detail terakhir, seperti ukuran tulisan, jenis tulisan, hingga bentuk shape yang digunakan harus proporsional.

2 dosen Fakultas Rekayasa Sistem yaitu Fahri Hamdani, M.Pd dosen Informatika dan Halid Nuryadi, M.Si Ketua Program Studi Teknik Sistem Energi diundang untuk memberikan materi Design Grafis kepada ekskul UI/UX Design SMK Al-Kahfi yang dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2022 kemarin, ini merupakan salah satu bentuk Kerjasama antara Program Studi Informatika dengan jurusan Multimedia SMK Al-Kahfi.

Pada pertemuan pertama pelatihan yang diselenggarakan oleh SMK Al-Kahfi materi yang disampaikan yaitu, materi pertama design brief yang disampaikan oleh fahri. Fahri menjelaskan bahwa desain brief sangat penting sebelum melakukan desain dan secara garis besar ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam desain.

“Brief yang baik memberikan semua informasi dasar yang diperlukan oleh desainer untuk menghasilkan pekerjaan yang sesuai dengan ekspektasi klien, dan ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam desain yaitu pertama deskripsi pekerjaan yang mencakup cakupan proyek, informasi tentang klien dan produk/event, hasil desain yang dibutuhkan. Kedua Project management yaitu deliverable desain final yang diinginkan klien, timeline waktu pengerjaan dan budget” jelasnya.

Dan materi kedua design layout yang disampaikan oleh halid. Halid menjelaskan bahwa Layout berpengaruh kepada efektivitas setiap jenis desain yang dibuat.

“Desain layout berpengaruh kepada efektivitas setiap jenis desain yang dibuat. Selain menarik, layout yang efektif juga harus bisa membantu orang yang melihatnya memahami pesan yang disampaikan oleh desain tersebut. Oleh karena itu, memahami layout adalah salah satu kunci dalam menciptakan kesuksesan dalam desain.” Jelasnya

Harapan dari kegiatan ini, siswa SMK 1 Al-Kahfi dapat memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat mengimplementasikan desain brief dan desain layout dalam desain grafis.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024