Dosen Fakultas Rekayasa Sistem Menjadi Pemateri di Ekskul Design UI/UX SMK Al-Kahfi Sumbawa

Pentingnya desain grafis dalam membuat atau mencetak sebuah karya, seperti brosur, formulir resume dan pamflet yang sering digunakan sebagian orang untuk mengiklankan atau memperkenalkan sesuatu. Tentu saja, semua ini membutuhkan pengetahuan ahli di bidang desain grafis sehingga tidak melakukan kesalahan. Desain yang baik adalah desain yang diperhatikan hingga detail terakhir, seperti ukuran tulisan, jenis tulisan, hingga bentuk shape yang digunakan harus proporsional.

2 dosen Fakultas Rekayasa Sistem yaitu Fahri Hamdani, M.Pd dosen Informatika dan Halid Nuryadi, M.Si Ketua Program Studi Teknik Sistem Energi diundang untuk memberikan materi Design Grafis kepada ekskul UI/UX Design SMK Al-Kahfi yang dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2022 kemarin, ini merupakan salah satu bentuk Kerjasama antara Program Studi Informatika dengan jurusan Multimedia SMK Al-Kahfi.

Pada pertemuan pertama pelatihan yang diselenggarakan oleh SMK Al-Kahfi materi yang disampaikan yaitu, materi pertama design brief yang disampaikan oleh fahri. Fahri menjelaskan bahwa desain brief sangat penting sebelum melakukan desain dan secara garis besar ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam desain.

“Brief yang baik memberikan semua informasi dasar yang diperlukan oleh desainer untuk menghasilkan pekerjaan yang sesuai dengan ekspektasi klien, dan ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam desain yaitu pertama deskripsi pekerjaan yang mencakup cakupan proyek, informasi tentang klien dan produk/event, hasil desain yang dibutuhkan. Kedua Project management yaitu deliverable desain final yang diinginkan klien, timeline waktu pengerjaan dan budget” jelasnya.

Dan materi kedua design layout yang disampaikan oleh halid. Halid menjelaskan bahwa Layout berpengaruh kepada efektivitas setiap jenis desain yang dibuat.

“Desain layout berpengaruh kepada efektivitas setiap jenis desain yang dibuat. Selain menarik, layout yang efektif juga harus bisa membantu orang yang melihatnya memahami pesan yang disampaikan oleh desain tersebut. Oleh karena itu, memahami layout adalah salah satu kunci dalam menciptakan kesuksesan dalam desain.” Jelasnya

Harapan dari kegiatan ini, siswa SMK 1 Al-Kahfi dapat memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat mengimplementasikan desain brief dan desain layout dalam desain grafis.

144 Mahasiswa FEB UTS Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) Batch 1 2024

Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) UTS bekerjasama dengan CV...

Read MoreJuni 10, 2024

KMS UTS Sosialisasikan Pembuatan Paving Blok Kepada Masyarakat Desa Pernek

Sumbawa, 6 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Sipil dan Program...

Read MoreJuni 10, 2024

SMArt UTS 2024, Hadirkan Kreasi dan Karya Generasi Muda 

UTS telah menggelar SMArt Event 2024 pada 28/05/2024 bertempat di...

Read MoreJuni 10, 2024