Dosen Informatika UTS Ikuti Program Pandu Digital Kominfo untuk Meningkatkan Literasi Digital di Sumbawa

I Made Widiarta, Dosen Informatika Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), telah mengikuti kegiatan Program Pandu Digital Kominfo pada Sabtu, 3 Juni 2023 secara daring. Program ini merupakan inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia yang bertujuan untuk memberikan panduan dan bimbingan kepada masyarakat terkait penggunaan teknologi dan informasi digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika merupakan lembaga pemerintah di Indonesia yang bertanggung jawab dalam mengatur kebijakan di bidang komunikasi dan informatika. Program Pandu Digital Kominfo mencakup berbagai aspek, seperti literasi digital, keamanan digital, perlindungan privasi, penggunaan internet yang sehat dan positif, serta penggunaan teknologi digital secara bertanggung jawab.

Melalui kegiatan ini, diharapkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap teknologi dan informasi digital dapat meningkat. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan dan risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi tersebut.

Kegiatan Pandu Digital Kominfo dihadiri oleh beberapa narasumber, antara lain Bambang Tri Santoso sebagai Ketua Tim Literasi Digital Kominfo RI dan Fajar Eri Dianto sebagai Ketua Umum RTIK Indonesia. Acara ini terdiri dari seminar dan workshop yang membahas berbagai topik, seperti Pembangunan Literasi Digital berpusat di Perguruan Tinggi, Penerapan Perangkat TIK untuk Pendidikan, serta Komunikasi dan Kolaborasi Pendidikan di Era Digital.

Pada sesi akhir workshop, peserta menjalani post test untuk menilai kesiapan mereka sebagai seorang Pandu Digital. Jika peserta lulus ujian post test, mereka akan mendapatkan sertifikasi dan badge sebagai seorang Pandu Digital.

Setelah kegiatan tersebut, I Made Widiarta menyampaikan, “Ditengah tahun politik saat ini, kegiatan literasi digital sangat baik, karena meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menerima informasi, tidak cepat menerima berita hoaks, memahami tentang keamanan digital, serta meningkatkan keterampilan bermedia sosial.” Ia berharap bahwa dengan adanya sertifikasi Pandu Digital ini, literasi digital di Sumbawa dapat meningkat.

Dengan adanya partisipasi I Made Widiarta dalam Program Pandu Digital Kominfo, diharapkan kemampuan literasi digital di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan wilayah sekitarnya dapat ditingkatkan. Keikutsertaannya dalam program ini menunjukkan komitmen dan peran aktif dalam meningkatkan pemahaman dan penggunaan teknologi digital secara efektif, aman, dan bertanggung jawab.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024