Fateta Latih Masyarakat Pesisir Labu Ijuk,  Tingkatkan Daya Simpan dan Jual Produk Ikan

( Sumbawa, 29 Mei 2023) – Program Studi teknologi industri pertanian Universitas teknologi sumbawa dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat terutama masyarakat pesisir, telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam hal pelatihan dan sosialisasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2023 mulai dari pukul 10.00 hingga 13.00 WITA. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan abon ikan dan kerupuk ikan dengan bahan baku utama ikan hasil tangkapan yang sebelumnya dipasarkan dengan harga yang terlalu murah. Pelatihan ini berpaku pada transfer teknologi dalam hal pengawetan makanan yang telah dikembangkan di Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Universitas teknologi sumbawa.

( Foto Bersama Ibu-ibu PKK setempat )

                Pada pengabdian ini, pihak yang terlibat adalah ibu-ibu PKK setempat, perangkat desa, dan dibantu oleh beberapa mahasiswa yang sedang melaksanakan Program Merdeka, Kampus merdeka. Secara teknis, kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah warga yang ada di pesisir pantai labuhan ijuk. Kegiatan dibuka oleh Kepala program Studi Teknologi Industri Pertanian, bapak Shafwan Amrullah, S.T., M.Eng. Selanjutnya ketua kegiatan ibu Devi Tanggasari, S.TP., M.Si. melakukan pengarahan kegiatan, dan dibantu oleh seluruh dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian serta peserta yang hadir. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ujung tombak pengembangan produk UMKM yang ada di pedesaan, dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

( Foto proses pembuatan abon Ikan )

                Pada akhir kegiatan, para tim dosen yang hadir menyampaikan harapan agar dilaksanakannya kegiatan pengabdian di labuan ijuk secara kontinyu. Para dosen berharap beberapa waktu ke depan akan dilaksanakannya pengabdian lagi dalam mentransfer teknologi otomatis untuk memudahkan proses pembuatan abon dan kerupuk ikan yang notabene dibuat dengan mengandalkan tenaga manusia.

( Foto pembuatan kripik Ikan )

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024