Fateta Latih Masyarakat Pesisir Labu Ijuk,  Tingkatkan Daya Simpan dan Jual Produk Ikan

( Sumbawa, 29 Mei 2023) – Program Studi teknologi industri pertanian Universitas teknologi sumbawa dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat terutama masyarakat pesisir, telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam hal pelatihan dan sosialisasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2023 mulai dari pukul 10.00 hingga 13.00 WITA. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan abon ikan dan kerupuk ikan dengan bahan baku utama ikan hasil tangkapan yang sebelumnya dipasarkan dengan harga yang terlalu murah. Pelatihan ini berpaku pada transfer teknologi dalam hal pengawetan makanan yang telah dikembangkan di Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Universitas teknologi sumbawa.

( Foto Bersama Ibu-ibu PKK setempat )

                Pada pengabdian ini, pihak yang terlibat adalah ibu-ibu PKK setempat, perangkat desa, dan dibantu oleh beberapa mahasiswa yang sedang melaksanakan Program Merdeka, Kampus merdeka. Secara teknis, kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah warga yang ada di pesisir pantai labuhan ijuk. Kegiatan dibuka oleh Kepala program Studi Teknologi Industri Pertanian, bapak Shafwan Amrullah, S.T., M.Eng. Selanjutnya ketua kegiatan ibu Devi Tanggasari, S.TP., M.Si. melakukan pengarahan kegiatan, dan dibantu oleh seluruh dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian serta peserta yang hadir. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ujung tombak pengembangan produk UMKM yang ada di pedesaan, dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

( Foto proses pembuatan abon Ikan )

                Pada akhir kegiatan, para tim dosen yang hadir menyampaikan harapan agar dilaksanakannya kegiatan pengabdian di labuan ijuk secara kontinyu. Para dosen berharap beberapa waktu ke depan akan dilaksanakannya pengabdian lagi dalam mentransfer teknologi otomatis untuk memudahkan proses pembuatan abon dan kerupuk ikan yang notabene dibuat dengan mengandalkan tenaga manusia.

( Foto pembuatan kripik Ikan )

Lolos Hibah P3D, Prodi Kewirausahaan UTS Siap Ciptakan Metode Belajar Yang Keren 

Program Studi Kewirausahaan UTS berhasil lolos hibah Pengembangan dan penyelenggaraan...

Read MoreMei 11, 2024

Kembali Berprestasi, Mahasiswa FITH UTS Lolos PKM-PM 2024

Sumbawa (UTS) – Pada tahun ini, Dikti kembali mengadakan Pekan...

Read MoreMei 10, 2024

Magang di Kejaksaan Negeri Sumbawa, Dua Mahasiswa Ilkom Tunjukkan Dedikasi Yang Luar Biasa

Sumbawa, 2 Mei 2024 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi...

Read MoreMei 10, 2024

Sukses Digelar, Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyelenggarakan Uji Publik Kurikulum Merdeka Belajar...

Read MoreMei 10, 2024