Tingkatkan Pemahaman SID Pemerintah Desa Tatede, Dosen FEB UTS beri Pendampingan

Sumbawa, UTS – Kantor Desa Tatede menjadi pusat perhatian pada tanggal 5 Juli 2023, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Prodi Bisnis Digital mengadakan acara sosialisasi dan pelatihan tentang penggunaan OpenSID (Sistem Informasi Desa) kepada seluruh pemerintah desa Tatede. Acara ini diadakan sebagai upaya untuk mengatasi kurangnya pemahaman dan keahlian dalam mengaplikasikan platform SID yang baru.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pemerintah desa Tatede, dosen FEB UTS Prodi Bisnis Digital Erwin Mardinata, S.Kom., M.M.Inov. yang telah berpengalaman dalam bidang teknologi dan inovasi, memberikan pengantar tentang OpenSID dan manfaatnya bagi efisiensi administrasi desa. Dalam presentasinya, beliau menjelaskan bagaimana SID dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempermudah akses informasi bagi masyarakat desa.

Selain kegiatan sosialisasi, pelatihan praktis juga dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tata cara menggunakan aplikasi SID. Pada sesi ini, pemerintah desa Tatede diberikan pendampingan dan penjelasan Langkah demi langkah dalam mengoperasikan SID. Mereka diajarkan cara mengunggah data, memantau kegiatan desa, dan mengakses berbagai fitur penting lainnya yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

Menanggapi kegiatan tersebut Subadri selaku Kepala Desa Tatede mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap kegiatan ini dan harapannya agar sosialisasi dan pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan seluruh pemerintah desa dalam menggunakan OpenSID. Beliau juga berharap dengan adanya SID, administrasi desa dapat dilakukan dengan lebih efisien dan transparan, serta mempercepat kemajuan dan pembangunan desa Tatede.

Acara sosialisasi dan pelatihan ini merupakan langkah awal yang penting dalam mempersiapkan seluruh pemerintah desa Tatede menghadapi era digitalisasi. Dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh, diharapkan mereka dapat mengoptimalkan pemanfaatan platform SID untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mencapai pembangunan desa yang berkelanjutan.

Adanya kegiatan ini, diharapkan agar pemahaman pemerintah desa yang masih kurang dalam mengaplikasikan platform SID akan dapat teratasi secara bertahap, sehingga nantinya Kantor Desa Tatede dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga akan terus dilaksanakan ke desa lainnya yang ada di Kabupaten Sumbawa guna untuk memberikan pemahaman mengenai SID dan pendampingan dalam pengelolaannya sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi tentang program pengabdian kepada masyarakat. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024