Ciptakan “Rosella Tes dan Hand Sanitizer” BEM UTS Launching Rumah Herbal Batu Tering

Desa Batu Tering berada di Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Sebagian besar masyarakat setempat adalah petani, berternak dan berkebun. Pada sektor perkebunan, di desa ini sangat cocok untuk tanaman herbal. Inilah yang dilakukan masyarakatnya dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman herbal. Mengingat keberadaannya dekat dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Desa Batu Tering menjadi salah satu desa mitra kampus.

Belum lama ini BEM UTS mendapatkan dana hibah dari Kementrian Pendidikan, Kebudyaan, Riset, Dan Teknologi Melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Dana ini diarahkan untuk melakukan pemberdayaan di Desa Batu Tering.

Selama 5 bulan BEM UTS melakukan pemberdayaan dengan menciptakan produk herbal yang dinamakan Minuman Herbal “Rosella Tes” dan Hand Sanitizer. Dua produk ini diramu dari tanaman herbal yang ditanami warga Batu Tering. Untuk memasarkannya, Batu Tering bentuk Rumah Herbal. Senin (24/1/2022), Rumah Herbal tersebut dilaunching. Hadir di Balai Pertemuan Desa Batu Tering ini di antaranya Rektor UTS, Kepala Desa Batu Tering, ibu PKK, pelajar SD, dan perwakilan masyarakat.

 

 

Ketua Tim PHP2D, Muhhammad Ade Putra menyampaikan bahwa keberadaan rumah herbal ini sangat penting sebagai tempat edukasi, sentral herbal dan rumah produksi tanaman herbal khususnya di Batu Tering. Program ini bekerjasama dengan ibu PKK. Tidak hanya rumah herbal, telah digagas untuk Rumah Gizi sebagai pusat tanaman dan bibit herbal. Ini merupakan integrasi dari rumah herbal sebagai tempat produksi tanaman herbal. “

Sementara Rektor UTS, Chairul Hudaya Ph.D dalam sambutannya menyatakan Batu Tering adalah desa yang sangat luar biasa. Banyak potensi yang harus dikembangkan salah satunya tanaman herbal yang melimpah ini. Ia menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa UTS dan pihak desa yang telah menjadikan rumah herbal sebagai tempat edukasi, dan produksi untuk menuju industrialisasi UMKM kedepan, sehingga melahirkan nilai tambah.

“Jika hal ini serius dikembangkan, akan membuming. Yang harus menjadi fokus perhatian saat ini adalah marketing atau pemasaran untuk menjamah semua kalangan,” saran Rektor.

Kades Batu Tering, Alwan Hidayat mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada mahasiswa UTS yang tergabung dalam Tim PHP2D BEM UTS, ibu-ibu PKK dan pihak yang terlibat terutama dalam mendesain program rumah herbal untuk masyarakat Batu Tering. “Semoga kedepan terjalin sinergitas yang lebih baik lagi,” ujarnya. (SR)

 

Sumber : samawarea.com

Lolos Hibah P3D, Prodi Kewirausahaan UTS Siap Ciptakan Metode Belajar Yang Keren 

Program Studi Kewirausahaan UTS berhasil lolos hibah Pengembangan dan penyelenggaraan...

Read MoreMei 11, 2024

Kembali Berprestasi, Mahasiswa FITH UTS Lolos PKM-PM 2024

Sumbawa (UTS) – Pada tahun ini, Dikti kembali mengadakan Pekan...

Read MoreMei 10, 2024

Magang di Kejaksaan Negeri Sumbawa, Dua Mahasiswa Ilkom Tunjukkan Dedikasi Yang Luar Biasa

Sumbawa, 2 Mei 2024 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi...

Read MoreMei 10, 2024

Sukses Digelar, Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyelenggarakan Uji Publik Kurikulum Merdeka Belajar...

Read MoreMei 10, 2024