Gubernur NTB Buka Secara Resmi PKKMB Respek UTS 2023

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau di kampus Olat Maras dikenal dengan istilah RESPEK UTS telah digelar mulai 11-14 September 2023. Diselenggrakannya kegiatan ini bertujuan 

memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, agar mampu beradaptasi dengan kehidupan dan lingkungan kampus. 

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, M. Sc selaku pendiri UTS didampingi Hj. Niken Saptarini Widyawati, S.E., M.Sc selaku Ketua Yayasan Dea Mas membuka secara resmi RESPEK UTS 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Rektorat, persis di Kaki Bukit Olat Maras. 

Dr. Zul dan Ibu Niken bercerita tentang bagaimana sejarah berdirinya Kampus Elang Muda, serta membagikan pesan tentang Visi besar UTS kepada 1000 an mahasiswa baru yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi tenggara, Sulawesi tengah, Jawa barat, Bali, NTT, Riau, Kalimantan Utara, Bima, Dompu, Lombok timur, dan lainnya. 

“Selamat datang para Elang Muda, selamat bergabung di keluarga besar Universitas Teknologi Sumbawa, keluarga besar Dea Mas. Mudah-mudahan kita bisa bersama-sama selama 4 tahun kedepan untuk menemukan jati diri kalian, menjadi seseorang yang benar-benar berdikari, mandiri dalam menuntut ilmu, dewasa, dan bertanggung jawab menjadi manusia yang seutuhnya. Karena hal inilah yang diharapkan oleh UTS.” Pembuka oleh Ibu Niken. 

Dr. Zul membuka sambutannya dengan berbagi, bahwa “Segala sesuatu itu diciptakan 2 kali, pertama dalam fikiran dan kedua dalam kenyataan. Anda tidak mungkin akan jadi orang hebat, sebelum anda mengatakan dalam pikiran anda, bahwa anda adalah orang hebat. Jadi sebelum anda menciptakan sesuatu dalam kenyataan, ciptakan dulu di dalam pikiran. Itu yang di sebut dengan vision, yang artinya orang yang mengunjungi atau berziarah ke masa depan terlebih dulu, merangkai semua momentum masa depan dalam rangkaian cerita yg menjadi alasan anda punya energi positif untuk bangun jam 5 pagi dibandingkan orang yang memilih tertidur lelap. Sejak hari ini, kalian haruslah bisa membayangkan hal-hal yang akan kalian lalui, you have created a vision in your mind, mesti ada visi yang detail dalam pikiran kalian, for years from now what are you going to be.”

“Kami berharap setiap dari kalian mampu merasakan hal yang sama, merasa bahwa UTS adalah rumah, dimana kalian memiliki kecintaan dan kebanggaan, merasa nyaman di dalamnya. Menuntut ilmu dengan sungguh dan suka cita. Ingatlah mantra yang selalu kita dengungkan, baik oleh dosen, mahasiswa, segenap sivitas akademika kampus ini ‘where there is a will, there is a way’. Selamat berpetualang di Olat Maras, Elang Muda.” Imbuh Dr. Zul.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D juga memberikan pesan bagi para Elang Muda. 

“RESPEK UTS telah dipersiapkan secara matang sejak berbulan-bulan lalu, untuk memberikan yang terbaik bagi para Elang-elang Muda UTS 2023. Seribu orang yang hari ini hadir di kaki Olat Maras, kalian lah yang selama 3 tahun ke depan akan siap terbang tinggi ke angkasa, menghujam bumi, dan menjelajah dunia. Kalianlah sesungguhnya orang-orang yang memiliki ‘privilage’ atau keistimewaan, keutamaan, mengapa? karena jika melihat angka partisipasi kasar mereka yang berkuliah di Indonesia baru mencapai maksimal 40%. Dalam artian hanya 40% dari seluruh masyarakat Indonesia di usia kuliah yang dapat keutamaan untuk bisa menjadi mahasiswa.” Tutur Rektor.

Lebih jauh Rektor UTS memberikan semangat “Oleh karena itu, karena kalian mendapatkan keutamaan ini, maka isilah hari-hari kalian kedepan dengan hal-hal positif, mengembangkan diri. UTS dijuluki kampus mini nya Indonesia, mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah menjadi aset bagi kalian, manfaatkanlah persahabatan yang akan terjalin diantara kalian mulai hari ini. Kampus kita dikenal dengan kampus yang memiliki sifat egaliteriasme, yang memiliki sifat bahwa kita adalah orang-orang pilihan yang siap memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. 

UTS memiliki tagline ‘Grooming the future Leaders’ artinya UTS mempersiapkan, membina, mendidik, melahirkan para pemimpin-pemimpin masa depan yang siap mengisi posisi penting di Republik ini.” 

Respek UTS juga diisi oleh berbagai pemateri dari berbagai bidang dan instansi, sejak hari pertama hingga ketiga. Respek ditutup dengan malam inagurasi serta UKM Fair bagi segenap mahasiswa baru. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024