Hattrick! UTS Raih 3 Penghargaan Anugerah Diktiristek 2023

Prestasi kembali diraih oleh Universitas Teknologi Sumbawa. Hat trick! Kali ini UTS raih 3 penghargaan sekaligus dalam Anugerah Diktiristek 2023 dengan kategori, Kerja Sama Internasional Terbaik (silver winner), Kerja Sama Pemerintah/NGO Terbaik (silver winner) dan Kerja Sama Industri Terbaik (Bronze winner) pada malam penganugerahan yang digelar pada 13/12/2023 di Jakarta.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D didampingi oleh Direktur Kerja Sama Luar Negeri UTS Eri Sofiatry M.Sc, dan Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri UTS Vivin Nila Rakhmatullah, S.S., M.A.  

“Alhamdulillah, kali ini kami berhasil meraih 3 penghargaan. Ini meningkat dari tahun sebelumnya. Penganugerahan ini sendiri diselenggarakan sebagai ajang mengapresiasi perguruan tinggi dan mitra pendidikan tinggi dalam pengimplementasian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan IKU 6 yang telah dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi baik negeri pun swasta. Dimana hal tersebut sejalan dengan kebijakan transformasi perguruan tinggi, yang menyebutkan tentang fungsi kerja sama di perguruan tinggi dan LLDIKTI sangatlah vital.” Tutur Rektor. 

Penganugerahan kerja sama oleh Diktiristek ini diberikan kepada PTN dan PTS se Indonesia yang sejauh ini telah mengimplementasikan MBKM lewat kerja sama mereka dengan berbagai mitra diberbagai bidang. UTS sebelumnya berhasil menjadi perwakilan PTS dari wilayah LLDIKTI VIII dan telah melakukan presentasi Laporan Kerja Sama (Lapkerma) pada November lalu secara daring sebagai tahap penilaian lanjutan oleh Diktiristek. 

Terhitung per tahun 2022 UTS telah menjalin berbagai kerja sama dengan berbagai bidang, baik institusi dan lainnya. Total kerja sama UTS per Januari 2022 sampai dengan Juni 2023 sebanyak 129 kerja sama (MoU/NK/Lol dan MoA/NK/KK) dengan rincian kerja sama industri berjumlah 36 kerja sama (8 MoU/NK/Lol dan 26 MoA/PKS/Kontrak Kerja). Dari segi kerja sama pemerintah atau LSM, per Januari 2022 – Juni 2023 dengan Pemerintah Desa

75 PKS, Sekolah 22 PKS yang diimplementasikan dalam berbagai program seperti Program MERDEKA (Membangun Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat), Program One Village Ten Engineers, UTS Mengajar, dan Beasiswa Pasca Sarjana bagi Guru dan ASN di Kab Sumbawa dan Kab Sumbawa Barat. Begitu pula dengan bidang internasional, yang terhighlight, salah satunya yakni terjalinnya kerja sama dengan Perguruan Tinggi yang masuk dalam daftar QS 100 berdasarkan bidang ilmu. Lee Kuan Yew School of Public Policy (LKYSPP), National University of Singapore (NUS), mitra UTS dalam menyelenggarakan program experiential learning LKYSPP-IN-ASIA adalah ranking # 4 dunia berdasarkan ilmu (Social Policy & Administration), yang kemudian menumbuhkan hal-hal positif lainnya. 

“Selamat untuk segenap Tim Warek IV, Tim Direktorat Kerja Sama Dalam Negeri (KDN), Tim Kerja Sama Luar Negeri (KLN) yang memperoleh silver dan bronze Medal Anugerah Diktiristek 2023. Tentu prestasi ini sangat kita syukuri, mengingat bagaimana sebelumnya upaya kami dalam meretas kolaborasi dengan industri, membangun jejaring internasional, dan lainnya tidaklah mudah untuk kampus yang berada di Indonesia Timur. Bahkan upaya tersebut, terus berbuah manis, tahun ini kita raih 3 setelah tahun sebelumnya meraih 2. Terima kasih untuk segenap sivitas akademika UTS, bapak/ibu dosen, para mahasiswa kami, yang terus mau mencoba bersama-sama mewujudkan berbagai hal untuk kampus kita tercinta. Apresiasi tidak terhingga pun bagi mitra strategis, pemerintah, masyarakat, yang juga secara aktif mau berkolaborasi dan mendukung langkah UTS.” Pungkas Rektor

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024