Juarai Lomba Inovasi Daerah,  Mahasiswa Prodi Peternakan Inovasikan Garam dari Tumbuhan


Sumbawa (UTS) – Fahri Timura Astana Putra Mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadi juara 1 pada kategori mahasiswa di kegiatan Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa 2023 (LIDA 2023).

Dengan inovasi “Green Salt Lamota : Inovasi garam hijau organik dari tumbuhan pesisir sumbawa”, Fahri menggagas inovasi tentang green salt lamota itu produk inovasi garam dari tumbuhan, tumbuhan yang kami olah untuk menjadi garam fungsional yakni tanaman lokal sumbawa yang dikenal dengan nama lamota, untuk latinnya sendiri itu salicornia sp. Green salt ini pure 100% tumbuhan, rasanya itu asin layaknya garam namun memiliki citarasa umami, kelebihannya green salt ini yakni tinggi serat dan nutrisi serta rendah natrium, jadi aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Awal mula inovasi Green Salt Lamota : Inovasi garam hijau organik dari tumbuhan pesisir sumbawa dikarenakan tumbuhan lamota ini sering di makan dan diolah oleh masyarakat kampung saya tepatnya Empang dan Terano, karna ada citarasa asin dan unik, oleh karna itulah kami mencoba menginovasikan tumbuhan ini, jauh daripada hari ini, saya sudah memulai kajian mengenai tumbuhan ini di 2018 tepatnya saat Sekolah Menengah Atas (SMA), dan karna potensinya, kajian serta inovasi akan tumbuhan ini akan terus kami coba ujar Fahri Timura Astana Putra.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024