Gelar MBKM Fest 2024, UTS Konsisten Ciptakan Solusi dan Lulusan Terbaik Untuk Masyarakat

UTS telah sukses menggelar MBKM Fest 2024 pada 21/01/2024 bertempat di Aula Katolik, Sumbawa. MBKM Fest 2024 ini menjadi penanda berakhirnya berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UTS pada semester berjalan. Acara ini berlangsung meriah dengan menyuguhkan berbagai produk dan inovasi yang telah dihasilkan oleh para Mahasiswa Elang Muda UTS lewat 6 Program utama MBKM UTS yaitu, Program MERDEKA, EUREKA, UTS Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, UTS Preneurship, UTS Mengajar, serta Magang & Independen. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi, pagi hingga siang, dan sore hingga ke malam hari. 

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D

dalam sambutannya menjelaskan tentang bagaimana Program MBKM ini sangat berdampak bagi mahasiswa juga masyarakat. “Dengan pelaksanaan MBKM, membantu meningkatkan kualitas lulusan, baik dari segi hard skills maupun soft skills, melalui keenam program MBKM UTS para mahasiswa kita lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, tentu dengan harapan bahwa kita menyiapkan lulusan terbaik, yang nantinya dapat menjadi pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Berbagai produk dan inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa kami, semoga dapat memberi manfaat serta menjadi solusi bagi masyarakat.”

Dalam kesempatan tersebut, juga dipaparkan capaian MBKM UTS yang telah dilakukan sejak 2020 sampai 2023 tersebut. 

Program Merdeka sebagai salah satu program yang didesain untuk membantu pengembangan masyarakat desa, sebagai kontribusi nyata UTS dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Melalui program ini mahasiswa belajar untuk tumbuh dalam bermasyarakat, menggali potensi desa, menggagas perubahan, dan belajar menyelesaikan perasalahan- permasalahan kompleks ( complex problem solving) ditengah masyarakat. Tercatat 1991 jumlah Mahasiswa terlibat, 115 Artikel Populer, 134 Video Dokumentasi, 108 Jumlah Desa Mitra Kerja Sama, 134 Laporan Akhir, 3 Hak Kekayaan Intelektual, 377 Produk Inovasi, dan 16 Prototipe. 

UTS Magang dan Studi Independen adalah salah satu program untuk mewadahi mahasiswa dalam mengasah soft skill dan hard skill mereka dalam kegiatan magang atau studi independen. Capaian Program Magang dan Studi Independen, 306 Jumlah Mahasiswa Terlibat, 320 Artikel Populer, 171 Jumlah Mitra Kerja Sama, 306 Laporan Akhir, dan 306 Video Dokumentasi.

Program EUREKA (Eksistensi Riset dan Inovasi Merdeka) merupakan salah satu program MBKM yang dikembangkan untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki ketertarikan melakukan riset, serta ingin berkarir sebagai peneliti maupun akademisi. Capaiannya yakni, 9 Jumlah Mahasiswa Terlibat, 2 Jumlah Protipe Tercipta, 4 Artikel Populer, 9 Video Dokumentasi, dan 9 Laporan Akhir. 

UTS Mengajar merupakan program MBKM Mandiri yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar di luar kampus guna meningkatkan soft skills, memperluas kolaborasi dan meningkatkan pemahaman tentang pendidikan. Capaiannya, 327 Jumlah Mahasiswa Terlibat, 40 Jumlah Mitra Kerja Sama, 40 Artikel Populer,  40 Video Dokumentasi, dan 40 Laporan Akhir. 

UTS Preneurship mendorong dan mewadahi mahasiswa UTS untuk mengembangkan minat berwirausaha secara terbimbing. Melalui UTS Preneurship, mahasiswa diharapkan mampu berinovasi dan berkontribusi dalam menciptakan ekonomi kreatif di Timur Indonesia. Capaiannya, 28 Jumlah Mahasiswa Terlibat, 3 Jumlah Mitra Kerja Sama, 17 Artikel Populer, 9 Video Dokumentasi, 17 Laporan Akhir, dan 18 Bidang Usaha. 

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Program MBKM Flagship dan Mandiri yang memungkinkan mahasiswa belajar pada perguruan tinggi di Indonesia (PTS/PTN). PMM memberikan kesempatan kepada mahasiswa meningkatkan kompetensi, wawasan tentang keberagaman budaya serta membangun jejaring kerja sama antar perguruan tinggi. Dengan capaian, 18 Jumlah Mahasiswa

Terlibat, 8 Jumlah Mitra Kerja Sama, 8 Artikel Populer, dan 3 Video Dokumentasi. 

Kegiatan MBKM Fest 2024 juga digelar dalam rangka menuju Hari Jadi Kabupaten Sumbawa yang ke 65 Tahun yang jatuh pada 22/01/2024. Turut hadir mewakili Bupati Sumbawa dalam kesempatan tersebut Lalu Suharmaji Kertawijaya, ST selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah. Ratusan pengunjung memadati tempat berlangsungnya kegiatan, banyak dari pengunjung tidak hanya mencoba, tapi juga membeli berbagai produk yang dipamerkan dalam acara ini. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024