Universitas Ahmad Dahlan Hadiri Kuliah Umum Universitas Teknologi Sumbawa

Batu Alang, (25/11/2017)

Comunitas Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menekankan bahwa psikologi menjadi keilmuan yang terus melekat dalam kehidupan. Hal ini diutarakan kepada lebih dari 100 peserta kuliah umum Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang bertema “Mengembangkan Karir dalam Bidang Psikologi” di Aula Serbaguna UTS, Sabtu, (25/11) lalu.

Dr. Hadi Suyono, M.Si. selaku kepala Comunitas Center UAD menyampaikan untuk menjadi sukses dalam bidang Psikologi, mahasiswa harus menjadikan psikologi sebagai passion untuk mencapai profesionalitas. Hal ini akan mendorong mahasiswa agar mampu mengembangkan kehidupan untuk sukses karena hidup merupakan suatu proses.

“Jangan hanya bermimpi menjadi PNS, karena selama manusia masih berprillaku, disitulah psikologi bisa berkarya.” tuturnya.

Prestasi-prestasi yang ditunjukkan mahasiswa nantinya dapat merubah paradigma masyarakat umum tentang psikologi hanya ilmu untuk mengobati orang gila perlu dibenahi. Karena banyak hal yang belum terungkap mengenai psikologi yang dapat diterapkan dalam lingkungan, pendidikan, industri, politik dan lain sebagainya.

“Sukses dan gagal untuk menjadi sukses itu butuh proses dan passion. Kuncinya soft skill dan keperibadian hardness.” ungkapnya.

WhatsApp Image 2017-11-25 at 15.19.41

Senada dengan hal tersebut ketua pelaksana kegiatan Junaidin, S.Pd., M.Psi. juga mengiyakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan SDM dalam dunia psikologi dan mahasiswa ke depannya dapat mengaplikasikan dalam kehidupan.

Penerapan keilmuan psikologi dalam kehidupan, lanjutnya, masih perlu disosialisasikan kepada mahasiswa dan masyarakat. Sehingga, pentingnya keberadaan ilmu Psikologi disadari oleh setiap lapisan.

“Kuliah umum pertama yang akan berkelanjutan dengan pemateri berbeda semisal klinis, sosial dan pendidikan.” ujar sosok kelahiran Bima itu saat diwawancarai.

Kegiatan yang akan tetap diagendakan tersebut, substansi idealnya, memiliki tiga tujuan utama yang ingin dicapainya. Pertama, supaya mahasiswa memiliki nilai kesadaran secara keilmuan dan pengalaman dalam psikologi dengan segala bentuk. Kedua, sebagai pengalaman dalam bidang psikologi untuk mahasiswa. Ketiga, bagaimana penerapan psikologi dalam segala bidang, pendidikan forensik, industri, serta politik dengan menghadirkan narasumber yang sudah handal dalam bidangnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin