Si Kang Mas di Masjid Nurul Islam Seketeng

 

WhatsApp Image 2019-05-08 at 11.10.47 (1)Masyarakat seketeng yang sehari-harinya mejalankan ibadah sholat wajib dan sunnah di Masjid Jami’ Nurul Islam akan segera memiliki sistem informasi Akuntansi Keuangan Masjid  atau di singkat dengan “Si Kang Mas”.  Adalah sebuah program Kemitraan dari Universitas Teknologi Sumbawa  dengan pengurus Masjid  untuk bekerjasama dalam memanajmen keuangan Masjid dengan menggunakan Si Kang Mas, tujuanya agar keuangan Masjid bisa disusun, dikelola dengan baik, transparan dan imformasi keuangan Masjid nanti akan bisa diakses oleh masyarakat agar meminimalisir kecurigaan terhadap pengurus Masjid

WhatsApp Image 2019-05-08 at 11.10.44

Terpilihnya  Masjid Jami Nurul Islam karena kuantitas dan intensitas transaksi keuangan yang cukup tinggi, maka pengurus masjid dihadapkan pada beberapa permasalahan  pertama ketrampilan pengurus dalam pencatatan dan pelaporan keuangan masih belum memadai, kedua,  Pencatatan dan pelaporan masih dekerjakan secara manual, ketiga, Durasi yang dibutuhkan pengurus dalam menyusun pencatatan pelaporan keuangan relatif kurang efektif dan efesien, keempat, Pertanggungjawaban pengurus kepada masyarakat secara transparan dan akuntable atas pengelolaan keuangan Masjid belum optimal.

Melihat hal tersebut maka 3 Dosen UTS tergerak untuk membantu memudahkan dalam pengelolaan keuangan Masjid Nurul Islam yang beralamat di Jl. Gurami Rw 04 Kelurahan Seketeng  yaitu Sudrajat Martadinata, M.S.A Dosen Jurusan Akuntansi UTS, Yudi Mulyanto, M.Kom Dosen Jurusan Informatika UTS serta Nova Aditya Ananda, M.M Dosen Jurusan Manajemen UTS, bersama Si Kang Mas dengan dua bidang Keilmuan antara Akuntansi dan Teknik Informatika berkolaborasi dalam membuat sistem Informasi berbasis internet. Karena pada hakekatnya teknologi membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Sebagai informasi bahwa program kemitraan Masyarakat ini telah lolos dalam danah Hibah KEMENRISTEKDIKTI  skema Program Kemitraan Masyarakat, dan akan menyelesaikan program ini selama satu Tahun, dengan harapan pelatihan dan pendampinga dari awal hingga berahrirnya program ini, pengurus Masjid sudah mahir dalam menggunakan sistem informasi ini dan masyarakatpun sudah bisa menikmati layanan Si Kang Mas ini.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024