Kemarau Panjang, Civitas Akademika dan Mahasiswa UTS Shalat Istisqa

Civitas akademika bersama ratusan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melaksanakan shalat Istisqa atau shalat meminta hujan, hal ini disebabkan kemarau panjang yang belum berakhir. Shalat Istisqa berlangsung jam tujuh pagi jum’at tadi (18/10) di lapangan rektorat.

Shalat Istisqa merupakan Shalat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Shalat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu.

Hal ini telah disampaikan oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Iwan Wahyudi, SE melalui pesan siaran WhatsApp beberapa hari lalu, mengajak seluruh Civitas Akademika dan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa untuk melaksanakan shalat Istisqa secara berjamaah. Sebagai Khatib dan Imam shalat mengundang Ust. H. Safarudin, Lc.

Ust. H. Safarudin, Lc. saat menyampaikan khutbah shalat Istisqa

Khatib shalat istisqa, Ust. H. Safarudin, Lc. yang juga menjadi imam shalat Istisqa, dalam khutbahnya mengajak seluruh Civitas akademika dan mahasiswa UTS untuk memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Sesuai dengan ajaran Rasul bersama para sahabat, jika kemarau berkepanjangan kita disunatkan melaksanakan shalat Istisqa termasuk memperbanyak istigfar dan doa,” kata Ustadz.

Ummat muslim juga diingatkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjauhi perpecahan. Boleh jadi ditahannya hujan dan terjadinya bencana kekeringan akibat dari dosa dan hilangnya persatuan antara sesama ummat. Do’a pun dipanjatkan pada Allah agar segera menurunkan hujan, sehingga kondisi lingkungan segera normal. (Herman)

 

Humas & Protokoler UTS

Rapat Kerja Tahunan UTS 2024, “Kita Siap Wujudkan Lebih Banyak Mimpi” 

Universitas Teknologi Sumbawa telah menggelar Rapat Kerja Tahunan 2024 pada...

Read MoreMaret 25, 2024

FITH UTS Teken MoU Dengan Lombok Wildlife Park, Siap Dukung Kesejahteraan Satwa Luar Habitat Asli

Pada 15 Maret 2024, UTS melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi...

Read MoreMaret 25, 2024

Membanggakan! UTS Kembali Sukses Gelar Penanaman 4000 Mangrove Batch 2

Pada hari Minggu tanggal 3 Maret 2024, Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreMaret 25, 2024

Kolaborasi Youthtopia dan UTS dalam Program Island to Island Indonesia Roadshow 2024

Youthtopia sebagai sebuah community centric platform dengan edukasi sebagai inti...

Read MoreMaret 25, 2024