Peduli Millenial, Tim Pengmas Fakultas Psikologi UTS ke SMA dan Kampus

IMG-20191027-WA0002
Tim Pengmas (Dosen) Psikologi UTS memberikan materi terkait kesehatan mental pada pelajar

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (F.Psi UTS) mengadakan kegiatan Workshop Dukungan Psikologis Awal (DPA) sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2019. Kegiatan ini diselenggarakan bagi siswa-siswi SMA atau/sederajat dan mahasiswa di Sumbawa yang berlangsung pada 25 hingga 26 Oktober 2019. Adapun kegiatan ini diselenggarakan di SMAN 2 Sumbawa, SMKN 1 Sumbawa, MAN 1 Sumbawa dan Universitas Teknologi Sumbawa. 

Indonesia dan Dunia memperingati Hari Kesehatan Mental yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Pada tahun 2019 ini, peringatan hari kesehatan mental difokuskan pada promosi dan pencegahan bunuh diri. Data World Health Organization (WHO) yang menunjukan bahwa setiap 40 detik terdapat 1 orang di dunia yang meninggal akibat bunuh diri. Data tersebut juga menegaskan bahwa 79% kasus bunuh diri terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Di Indonesia sendiri korban bunuh diri didominasi dari kalangan generasi milenial (15-29 tahun). Fakultas Psikologi UTS sebagai satu-satunya fakultas psikologi di Provinsi Nusa Tenggara Barat mendukung adanya upaya promosi dan prevensi kasus bunuh diri dengan penguatan dukungan psikologis awal pada generasi milenial.

IMG-20191027-WA0005Dekan F.Psi UTS Yossy Dwi Erliana, M.Psi., Psikolog menuturkan, “Akhir-akhir ini kami cukup prihatin atas maraknya kasus bunuh diri di Sumbawa. Bahkan dalam proses merencanakan kegiatan ini saja, kami memperoleh dua berita tentang kasus bunuh diri yang terjadi pada pemuda di Sumbawa. Sebagai satu-satunya Fakultas Psikologi di Sumbawa, kami merasa memiliki tugas dan tanggung jawab moral dalam memberikan edukasi bagi masyarakat Sumbawa terkait betapa pentingnya menjaga kesehatan mental. Program Pengmas ini merupakan salah satu solusi nyata Fpsi UTS mengamalkan keilmuan di bidang psikologi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penguatan bagi para milenial dalam menghadapi masa-masa sulit yang pasti ada dalam kehidupan. Kedepannya, kami berusaha dapat lebih banyak menjangkau masyarakat Sumbawa yang membutuhkan dukungan psikologis melalui Layanan Pojok Curhat dan Pusat Pengembangan Psikologi Terapan (P3T) di Fpsi UTS”.

IMG-20191027-WA0000Para peserta dalam kegiatan ini difasilitasi dapat menguasai teknik dukungan psikologis awal. Terdapat 3 tujuan utama dalam dukungan psikologis awal yakni mengenali masalah, mendengarkan dan berempati hingga mampu menghubungkan dengan profesional di bidang psikologi. Fasilitator dalam kegiatan ini merupakan staf pendidik Fpsi UTS yang memang berasal dari kalangan profesional di bidang psikologi yakni Imammul Insan, M.Si, Kusumasari K.H.D, M.Si, Efan Yudha Winata, M.Psi., Psikolog, dan Ayuning Atmasari, M.Psi., Psikolog. Kegiatan juga diselingi oleh games interaktif dan diskusi yang seru terkait pentingnya menjaga kesehatan mental.

Humas & Protokoler UTS

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024