Kunjungan Kerja Rektor UTS, Sambangi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa

Rektor UTS telah melakukan kunjungan kerja pada Kamis, 18/02/2021 ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa di dampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama Nurul Izzati, S. Si.,M. Sc, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Khotibul Umam, S. Si., M. Sc, Sekretaris Universitas Nurul Hudaningsih, M.T dan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Aka Kurnia. SF, S. Ag.,M. Sn.

Dalam kunjungan kali ini, Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D membahas tentang prospek kedepan Program Merdeka yang sudah diterapkan oleh UTS sejak paruh kedua tahun 2020 lalu. Rektor UTS menjabarkan terkait bagaimana program merdeka yang telah berjalan di 19 Desa Binaan UTS sebelumnya, Ia juga mengajak agar bersama-sama UTS dan Dinas terkait dapat bersinergi untuk menciptakan inovasi-inovasi mulai dari sektor pertanian, kuliner, UMKM serta pariwisata.

Sejalan dengan program tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Rusmin Junaidi, S. Pt., M. Si menuturkan bahwasannya DISPOPAR saat ini pun sedang menggalakkan inovasi-inovasi disektor pariwisata, dimana sejak pandemi melanda menjadikan sektor pariwisata lesu. “Kami berharap dapat melakukan gebrakan untuk membangkitkan kembali pariwisata khususnya di Kabupaten Sumbawa, bersama UTS kita melakukan inovasi yang solutif agar tetap survive ditengah pandemi ini. Kami sangat mengharapkan peran perguruan tinggi dalam mengembangkan pariwisata desa, dengan sentuhan inovasi, dan kami melihat UTS sejauh ini concern melakukan pengembangan desa agar perekonomian masyarakat kembali menggeliat.” Tutur Rusmin Junaidi.

UTS sebelumnya telah memiliki kerjasama tertulis dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), yaitu Kerjasama Bina Desa, menyusul hal ini kunjungan ke DPMD Kabupaten Sumbawa kali ini menjadi agenda lanjutan untuk mendalami sinergi yang dapat dikembangkan bersama universitas. UTS menawarkan program beasiswa One Village Ten Engineer, program beasiswa yang ditujukan agar setiap desa mampu mencetak setidaknya 10 engineer sebagai sumber daya manusia yang unggul sehingga bisa menyelesaikan masalah di desa nya sendiri, atau menjadi Desa Mandiri.

Kepala DPMD Varian Bintoro, S. Sos., M. Si menanggapi hal tersebut dengan positif, namun tentu hal ini akan dikaji terlebih dahulu dengan pihak desa dan lainnya, sehingga program semacam ini tidak sia-sia dan mampu dijalankan dengan maksimal dan tepat sasaran.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D menyampaikan, “UTS sejauh ini terus berupaya untuk mengintegrasikan program-program andalan yang dapat dikolaborasikan dengan pemerintah daerah, yang tentu tujuannya untuk pengembangan dan kemajuan daerah kita tercinta Sumbawa. Dimana hal ini adalah perwujudan dari UTS Membumi dan Mendunia.” Pungkas Chairu Hudaya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin