UTS Gelar Bimbingan Teknis Untuk 19 Desa Binaan Terkait Aplikasi Desa Digital

UTS sukses gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Desa Digital untuk 19 Desa Binaan Program Merdeka. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Sumbawa pada Selasa 19/01/2021 tersebut menghadirkan 19 Desa binaan UTS diantaranya; Lito, Semamung,  Batu Tering, Marga Karya, Sebasang, Batu Bulan, lalu Lamenta, Jotang, Boal, Selante, Usar, Teluk Santong, Luar, Bungin, Labuhan Burung, Pulau Kaung, Tarusa, Leseng, dan Perung. Acara Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Tim Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi UTS di bawah arahan Khotibul Umam, M. Sc selaku Wakil Rektor III.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pelatihan kepada Operator Desa tentang 2 aplikasi Desa Digital yaitu SIPANDU (Sistem Pendataan Penduduk ) dan SIBUDEGITA (Sistem Buku Desa Digital) karena nantinya aplikasi ini akan di kelola oleh Operator Desa agar bisa dipergunakan semaksimal mungkin bagi desa. SIPANDU adalah aplikasi pendataan penduduk/sensus digital yang akan lebih efisien penggunaannya dibandingkan pendataan manual yang selama ini dilakukan di desa-desa, sedangkan SIBUDEGITA adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk pelaporan keuangan desa, inventaris desa, pelaporan aset desa, serta informasi terkini terkait desa.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D dalam sambutannya menyampaikan harapan terkait produk desa digital yang sudah nampak wujud pertamanya ini. “Saya berharap pelatihan ini bisa memberikan semangat juga motivasi rekan-rekan untuk pengembangan desa ke depannya. Program Merdeka yang dicanangkan UTS memang dihajatkan untuk mengakselerasi pengembangan desa sehingga benar-benar dirasakan masyarakat manfaatnya dari semua aspek. Kita tahu bahwa desa merupakan sentra inti dalam kemajuan daerah. Semoga SIPANDU dan SIBUDEGITA bisa bermanfaat bagi masyarakat.” Urai Chairul.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin