“Lagi, UTS Menduduki Peringkat 1 Jumlah Proposal PKM Pendanaan Terbanyak Wilayah LLDIKTI VIII Bali Nusra”

Pada Tanggal 02 Februari 2021, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan Penawaran Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk seluruh Universitas dibawah lingkungan Kemdikbud melalui akun simbelmawa.kemdikbud.go.id.
Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan.

Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Dengan demikian, pemikiran dan perilaku yang ditunjukkan mahasiswa akan bersifat kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan). Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakikatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap tahun diselenggarakan sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Tahun 2021 ini UTS kembali menempati peringkat 1 Proposal Pendanaan PKM terbanyak wilayah LLDIKTI VIII Bali Nusra, dengan meloloskan sebanyak 12 Proposal. Ini menjadi 2 tahun berturut-turut UTS menjadi peringkat 1 Proposal Pendanaan PKM terbanyak wilayah LLDIKTI VIII Bali Nusra setelah pada 2020 lalu meloloskan 10 proposal. Ini merupakan capaian yang sangat luar biasa yang diraih oleh UTS dengan usia masih sangat muda yaitu 8 tahun, hal ini bisa diraih setelah melewati proses seleksi dan pendampingan yang ketat bagi mahasiswa yang turut serta. Dimana kegiatan ini bersifat nasional dan diikuti oleh seluruh Universitas dibawah lingkungan Kemdikbud.

12 tim PKM yang lolos Pendanaan Tahun 2021, diantaranya:
1. Syafiya khoirunnisa (Prodi Psikologi) dengan judul Inovasi Penggunaan Sampah Organik Menjadi Larutan Multifungsi di Kabupaten Sumbawa, didampingi oleh Elis Suci Prapita Sari Abdullah.

2. Sri Wahyuni (Prodi Manajemen) dengan judul The Benalu Ocha didampingi oleh Diah Anggeraini Hasri.
 
3. Ari Kurniawan (Prodi Teknik Elektro) dengan judul Alat Pengering Ikan Bage Otomatis Menggunakan Sensor SHT11 dan RTC didampingi oleh Paris Ali Topan.
 
4. Rais (Prodi Teknik Mesin) dengan judul Mesin Pengering Otomatis Sistem Kontrol Arduino dengan Sensor Suhu Dht22 dan Double Blower dalam Meningkatkan Produktivitas Ikan Teri Kering didampingi oleh Mietra Anggara
 
5. Arieyanto A. Rahman (Prodi Teknik Mesin) dengan judul Rancang Bangun Alat Penempa Besi Hidrolik dengan Sistem Press bagi Industri Rumahan Pandai Besi di Dusun Talwa Kabupaten Sumbawa didampingi oleh Mietra Anggara.

6. Abdul Ajim Pul (Prodi Teknologi Hasil Pertanian) dengan judul Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung Sebagai Media Budidaya Jamur Konsumsi Untuk Meningkatkan Kemandirian Pemuda Karang Taruna Desa Tolo’ oi, Kabupaten Sumbawa, didampingi Lukman Azis.
 
7. Widya Dwi Kusuma (Prodi Teknobiologi) dengan judul Analisis Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produksi Masin Sumbawa Berbasis Fermentasi oleh Lactobacillus Plantarum, didampingi oleh Baso Manguntungi.
 
8. Maya Oktafianti (Prodi Teknobiologi) dengan judul Pemanfaatan Kecubung (Datura Metel) Sebagai Perelaksasi Untuk Peningkatan Peluang Hidup Karang Pada Penerapan Metode Transplantasi Karang, didampingi oleh Izzul Islam.
 
9. Selfi Mayasari (Prodi Teknobiologi) dengan judul Pengujian dan Produksi Madu Sumbawa Probiotik Berbasis Fermentasi Lactobacillus Casei Strain Shirota Sebagai Minuman Alternatif Bagi Penderita Diabetes Mellitus, didampingi Baso Manguntungi.

10. Fhairusziyah (Prodi Ekonomi Pembangunan) dengan judul 
Analisis Kendala Rantai Pasok Komoditas Jagung Kabupaten Sumbawa pada Masa Pandemi Covid-19, didampingi Rudi Masniadi.
 
11. Muhammad Soleh Hariyadi Dalimunthe (Prodi Ekonomi Pembangunan) dengan judul Analisis Tingkat Kemiskinan dan Strategi Nafkah Pengrajin Tenun Sumbawa, didampingi Rudi Masniadi.
 
12. Agus (Prodi Ekonomi Pembangunan) dengan judul Kajian Tradisi Ponan Sebagai Modal Sosial Dalam Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Sumbawa, didampingi Rudi Masniadi.

Meningkatnya pendanaan PKM UTS pada tahun ini, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Mietra Anggara, MT menyampaikan bahwa hal ini tentu tidak lepas dari peran aktif seluruh mahasiswa yang berpartisipasi mengerjakan proposal dengan sebaik mungkin sesuai dengan pedoman PKM. Selain itu dukungan dari para Dosen Pembimbing yang selalu mendampingi dan mengarahkan mahasiswa dalam proses pengerjaan proposal PKM serta Para pimpinan Universitas yang sangat berpengaruh besar dalam memberikan semangat dan mamfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan PKM.

“Hal ini bukanlah sebuah tujuan, melainkan sebuah proses agar mahasiswa selalu dapat berprestasi dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Selain itu ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Subdirektorat Penalaran Minat dan Bakat UTS yang telah menyiapkan dan memfasilitasi semua kebutuhan dalam pelaksanaan kegiatan PKM. Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni kedepan akan selalu berbenah meningkatkan pelayanan agar dapat mendorong mahasiswa untuk selalu aktif dan berprestasi. Semoga mahasiswa-mahasiswa kami di UTS selalu memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif serta bermanfaat bagi sesama.” Tutur Mietra.
 
Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D memberikan ucapan selamat kepada para Elang Muda, “selamat kepada para mahasiswa yang telah lolos, melalui PKM ini hendaknya memang bisa menjadi penggugah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat.” Imbuh Chairul.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin