Kontribusi UTS Dalam Pengembangan Pariwisata Sumbawa


Senin (12/7/2021) Asosiasi Pariwisata Nasional (ASPARNAS) daerah Sumbawa menggelar talkshow dengan tema “Menata Wisata di Masa Pandemi” yang diselenggarakan di Amanwana Resort, Badas. Dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas Teknologi Sumbawa mendapatkan kehormatan menjadi salah satu panelis talkshow yang di wakili oleh Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi, yakni Khotibul Umam, M.Sc. Kegiatan tersebut juga menghadirkan Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Sekretaris Daerah dan juga Wakil Bupati yang menyempatkan hadir di acara diskusi tersebut.

Turut hadir pula para pimpinan dari unsur DPRD, dinas terkait seperti Kepala Dinas Pariwisata, Dinas BKSDA, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kapolres, Dandim, Kepala Bandara Sumbawa, Amanwana, Ketua Asparnas dan perwakilan dari pemuda, KNPI serta dimoderatori oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Samawa, Dr. Lahmuddin Zuhri, S.H., M.H. Kegiatan yang berlangsung dengan pengantar dari Sekda Sumbawa dan pandangan dari pegiat pariwisata yaitu ketua ASPARNAS, Bapak Taufik terkait kondisi pariwisata di Sumbawa memantik banyak persoalan dan gagasan yang perlu diselesaikan secara bersama sama.

Secara umum, persoalan pariwisata erat kaitannya dengan akses transportasi yang terbatas, mentality masyarakat yang perlu edukasi, ketersediaan fasilitas, Konsep pariwisata yang belum terarah, branding dan kepastian kebersihan di masa pandemic. Dalam penyampaian pandangannya, WR III UTS menitikberatkan pada kolaborasi seluruh unsur, baik para pemangku kebijakan, akademisi, pihak swasta dan masyarakat. Kolaborasi ini sangat krusial adanya karena persoalan pariwisata ini bukan hanya kepentingan dari satu pihak saja tapi saling terkait dengan sektor-sektor lainnya.

“Talkshow ini adalah momentum yang tepat, karena menghadirkan seluruh unsur yang diperlukan untuk sama sama kita ‘gerempung’ atau gotong royong dalam menata wisata di masa pandemik dengan harapan kemajuan sektor wisata Sumbawa yang berdampak pada peningkatan PAD daerah. Universitas memiliki resources berupa SDM yang siap untuk berkolaborasi dalam meningkatkan wisata yang selama ini kami lakukan melalui Program Merdeka, dimana mahasiswa melakukan perkuliahan di desa, maka program ini bisa menjadi motor penggerak untuk kemajuan desa, khususnya jika kita fokuskan ke desa desa wisata yang secara resmi telah ditunjuk melalui SK daerah.” Urai Umam.

Kegiatan Talkshow yang berlangsung dari pagi hingga siang ini merupakan diskusi awal yang masih menganalisis masalah masalah yang perlu untuk didiskusikan solusinya dan bagaimana aksi yang akan diambil nantinya melalui pertemuan-pertemuan selanjutnya yang dijadwalkan akan ada tiga sesi talkshow. Selanjutnya, talkshow ditutup oleh Wakil Bupati Sumbawa, yang sangat bersemangat dalam meningkatkan wisata Sumbawa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin