Hebat! Mahasiswa UTS Jadi Narasumber Bersama Mas Menteri Nadiem Makarim

Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah kita alami, tentunya memberikan dampak besar di segala aspek kehidupan. Kita dipaksa untuk mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan kondisi yang belum menemukan titik terang. Berbagai upaya dilakukan, untuk mensiasati hal tersebut baik oleh pemerintah maupun masyarakat, dimana upaya-upaya ini dilakukan untuk menjaga dan memupuk optimisme bahwa kita akan mampu melewati masa sulit ini bersama-sama. Tak dinyana dalam prosesnya, menghasilkan berbagai inovasi juga teknologi yang sangat membantu masyarakat.

Terkait inovasi dan teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah melaksanakan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2021 pada 10 Agustus 2021 lalu. Melalui Live Youtube Kemendibud bersama Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim dengan tema “Gotong Royong Inovasi untuk Menguatkan Bangga Buatan Indonesia”, bersama para inovator dari jenjang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, serta mitra industri. Pada kesempatan tersebut, UTS diundang sebagai salah satu perwakilan perguruan tinggi untuk menjadi narasumber pada live tersebut.

Ilham, mahasiswa Teknik Mesin UTS yang juga adalah salah satu anggota Tim Perakitan Sepeda Listrik NgebUTS menjadi narasumber perwakilan kampus menyampaikan topik terkait teknologi pada motor listrik buatan UTS ini. Bersama perwakilan ITS, IPB, Samsung Indonesia dan Pelajar lainnya Ilham memaparkan materi pada sub-diskusi “optimisme pengembangan talenta ristek masa depan”. Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan hasil-hasil ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta inovasi di sektor pendidikan kepada masyarakat luas. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam membangun ekosistem iptek yang terintegrasi dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, serta upaya pemerintah dalam menyiapkan talenta iptek masa depan.

 

Ilham mengaku bangga bisa turut serta pada diskusi Hakteknas 2021 ini, dengan semangat Ilham memaparkan awal mula Ia bisa bergabung menjadi bagian Tim NgebUTS, bagaimana NgebUTS bisa tercipta dan diproduksi hari ini. “Saya optimis, jika anak-anak muda bisa diberikan kepercayaan dan dibimbing dengan tepat, maka bukan tidak mungkin Indonesia kedepan akan mengahasilkan talenta ristek yang hebat di masa depan.”

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menyampaikan bahwasannya talenta muda seperti Ilham harus terus didukung dan diberi wadah untuk mengembangkan bakat, inovasi dan teknologi yang dihasilkan seperti NgebUTS ini tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi masyarakat. Ilham lainnya pun akan bermunculan, tinggal bagaimana universitas mewujudkan peran nya sebagai pencetak dan pendukung generasi emas. “Mengutip yang disampaikan oleh Mas Menteri, saatnya ‘Bangga Buatan Indonesia’ tidak hanya menjadi jargon, tetapi menjadi aksi nyata yang melibatkan semua lapisan masyarakat. Gerakan Bangga Buatan Indonesia harus terus digelorakan agar menjadi perilaku dan budaya bangsa”.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024