Sukseskan Moto GP 2022, UTS Pamerkan Beragam Teknologi dan Inovasi

Pagelaran Moto GP 2022 menjadi magnet tersendiri bagi pelaku usaha industri dan ekonomi kreatif, begitupun halnya dengan pegiat teknologi dan inovasi. Acara yang terselenggara sejak tanggal 18 Maret – 20 Maret tersebut berhasil menarik minat masyarakat tidak hanya melalui pertunjukan utamanya, melainkan juga acara-acara lainnya yang connect dengan agenda Moto GP tersebut. Melalui agenda InovTek Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) turut serta berpartisipasi dalam giat tersebut. Acara yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki tersebut juga menampilkan beberapa agenda lainnya, diantaranya pameran IPTEK dan UMKM, Pasar Murah dan Hiburan, Sosialisasi Beasiswa dan Seminar Success Story tentang pegiat inovasi dan teknologi.
Dihubungi secara langsung, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UTS, Khotibul Umam, S.Si.,M.Sc menerangkan kepada awak media, “Sebagai perguruan tinggi yang concern terhadap inovasi dan teknologi, UTS berkomitmen menghadirkan beragam inovasi yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Beberapa produk kami hadirkan dalam expo ini sebagai gambaran giat kami terhadap teknologi. Selain sepeda listrik “Ngebuts”, beberapa produk kami bersifat produk tepat guna misalnya alat pemeras madu, kompor biomassa dan alat pemotong jahe.

Beberapa lainnya dalam produk makanan kemasan yang berasal dari tangan-tangan terampil masyarakat lokal kita”
Hal senada disampaikan oleh Direktur Riset dan Inovasi UTS, Joni Firmansyah, S.IP.,M.I.P. Ia menjelaskan, “Kami begitu antusias dalam menyambut rencana BRIDA dalam menyelenggarakan Expo Inovtek tersebut. Ini adalah ruang bagi kami untuk menunjukkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh dosen dan mahasiswa kami. Selain Ngebuts yang menjadi ciri khas kampus kami, beberapa ala teknologi juga kami hadirkan sebagai bentuk apresiasi kami bagi kemajuan teknologi di Nusa Tenggara Barat”.Beberapa produk inovasi yang dihadirkan UTS berupa pupuk Marisol yang menggunakan limbah laut sebagai bahan bakunya, beberapa produk kopi yang berasal dari beberapa daerah di Kabupaten Sumbawa, produk tepat guna berupa alat pemotong jahe, alat pemeras madu, kompor biomassa dan beberapa produk lainnya yang turut serta dipamerkan di dalam Expo InovTek tersebut.
Kedepannya, UTS tetap berkomitmen dalam meningkatkan produk-produk inovasi dan teknologi yang dapat digunakan tidak hanya di Provinsi NTB, melainkan juga bagi masyarakat Indonesia. Dalam kesempatan ini, baik BRIDA dan UTS sepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang inkubasi bisnis dan penelitian, sehingga akan muncul inovasi baru di kemudian hari

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024