Dies Natalis 9 Tahun UTS, Gelar Pawai Budaya Nusantara dan Sederet Lomba, “Kita Harus Berani Jadi Hebat”

Hari jadi selalu dimaknai sebagai suatu hal yang istimewa. Banyak orang yang menjadikan awal suatu yang baru sebagai momen yang istimewa, seperti awal seseorang dilahirkan (kelahiran), awal sesuatu didirikan (lembaga, organisasi dan lain lain), awal suatu kejadian/peristiwa (kemerdekaan, pernikahan, dan lain-lain). Memaknai hari jadi sebagai proses melihat perjalanan, pencapaian, dan apa yang ingin diraih kedepan adalah bentuk bertumbuh.

Tahun ini Universitas Teknologi Sumbawa resmi berusia 9 tahun. 14 Maret diperingati sebagai hari jadi Kampus Olat Maras setiap tahunnya. 9 tahun dapat dikatakan adalah usia yang masih sangat belia untuk sebuah universitas. Meski demikian, torehan prestasi UTS sejauh ini sangat membanggakan dan dapat bersaing dengan universitas-universitas besar yang ada di Indonesia yang lebih dulu ada. Prestasi bidang akademik dan non akademik baik Nasional maupun Internasional secara konsisten selalu berusaha diwujudkan oleh UTS melalui para Elang Muda sapaan bagi mahasiswanya, tidak hanya mahasiswa para Dosen sebagai tenaga pengajar pun turut memberikan prestasi yang membanggakan.

UTS lahir sebagai penjewantahan mimpi dari Dr. Zul untuk membuka peluang mengenyam pendidikan tinggi bagi seluruh anak Indonesia. “Siapapun punya kesempatan yang sama, pendidikan adalah investasi masa depan, yang akan membawa kita pada hidup yang lebih baik.” Kalimat ini sering diucapkan oleh Dr. Zul sebagai penyemangat untuk para mahasiswa. Di bawah kepemimpinan Rektor Chairul Hudaya, Ph.D pada usianya yang ke 9 tahun, UTS terus berbenah, bergerak, mengembangkan diri menjadi lebih baik dan baik lagi.

Tahun ini peringatan Dies Natalis UTS dilaksanakan dengan meriah dan semarak melibatkan seluruh element universitas dan tentunya masyarakat, pada 26 Maret 2022 lalu bertempat di Taman Mangga, Sumbawa. Mengusung tema ‘Berani Jadi Hebat’ rangkaian Dies Natalis 9th UTS di awali dengan Lomba Mewarnai (Tingkat TK), Pawai Budaya Nusantara yang menampilkan kostum atau baju adat dari masing-masing daerah mahasiswa yang ada di UTS, Bazar Jajanan Nusantara dan UMKM, Performance Budaya, Performance Mahasiswa UTS International Global Ambassador Scholarship (U-GAS), dan ditutup dengan Grand Final Lomba Cover Lagu UTS yang diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat se Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Pawai Budaya yang diikuti ribuan orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan staf (tenaga kependidikan, tenaga penunjang) UTS ini tumpah dijalanan dengan memulai start dari Kodim 1607/Sumbawa.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D dalam sambutannya pada opening ceremony Dies Natalis 9th UTS menyampaikan rasa haru dan bangganya, melihat bagaimana Kampus di Kaki Olat Maras ini terus memberi riak dan nyawa bagi siapa saja yang berada disekitarnya. “Hari ini UTS menginjak usia 9 tahun, banyak pencapaian, pengorbanan, air mata, tawa dan bahagia yang telah kita lalui bersama. Sedikit banyak UTS tentu memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah kita tercinta bahkan Indonesia. Kita bisa menyaksikan ribuan mahasiswa yang berasal dari Sabang sampai Marauke ada disini untuk mewujudkan mimpi dan cita-citanya. Kerja keras selalu menbuahkan hal manis. 9 tahun UTS tidak ada apa-apanya tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, baik personal, institusi, pemerintah, dan tentunya para sivitas akademikanya.” Tutur Chairul.

Lebih jauh Ia menyampaikan, “9 tahun UTS, tahun ini mengambil tema Berani Jadi Hebat, kami berharap setiap orang memiliki jiwa yang berani untuk memulai sesuatu, berani menjadi apa yang dicita-citakan, berani memberi manfaat kepada orang lain, berani menjadi diri sendiri, berani jadi hebat. Kami telah memulai untuk menjadi wadah bagi asa anak bangsa. Semoga ditahun tahun mendatang UTS terus mampu memberikan yang terbaik bagi Indonesia dan dunia. Selamat Dies Natalis 9th UTS, teruslah Membumi dan Mendunia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin