UTS SIAP TINGKATKAN KERJASAMA INTERNATIONAL

Kolaborasi international telah diupayakan oleh UTS sejak lama melalui Direktorat Kerjasama Luar Negeri yang berada dibawah Wakil Rektor IV. Mulai dari penginisiasian internship internasional, program scholarship, bahkan pelaksanaan KKN Tematik intenrasional dan lainnya. Hal ini merupakan bentuk keseriusan UTS dalam mewujudkan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat. UTS Membumi dan Mendunia bukan hanya sekadar slogan yang terus digaungkan tetapi juga dibuktikan.

Pada Minggu, 07/08/2022 UTS menerima kunjungan Penasihat Pendidikan, Kedutaan Besar Malaysia (Jakarta) Encik Mohd Mubarak Shamsuddin dan Ibu Eti Rahmayati yang diterima langsung oleh Wakil Rektor I Win Ariga Mansur Malonga, S.Pi., M.Sc, Wakil Rektor III Dwi Ariyanti, Ph.D, Wakil Rektor IV Nurul Izzati, S.Si., M.Sc, para Dekan dan Tim Direktorat Kerjasama Luar Negeri UTS. Kegiatan diawali dengan makan siang di New Raberas Resto dan dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi di Gedung Rektorat UTS.

Sebelumnya, terlaksananya pertemuan ini adalah sebagai tindak lanjut antara UTS dengan Kedutaan Malaysia (Jakarta) sebelumnya, UTS sudah beberapa kali melaksanakan kolaborasi akademik dengan berbagi universitas di Malaysia, serta keinginan UTS untuk dapat bekerja sama dengan lebih banyak institusi pendidikan Malaysia.

Dalam pertemuan minggu lalu telah dibahas mengenai beberapa potensi kerjasama dan kolaborasi yang bisa dilakukan oleh UTS dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di Malaysia. Salah satunya yaitu skema Matching Grant, dimana kolaborasi riset bisa dilakukan bersama dengan prinsip-prinsip yang mengedepankan win-win situation. Selain itu, Departemen Pendidikan Kedutaan Malaysia akan memberikan layanan konsultasi dan pendampingan lebih lanjut bagi civitas akademika UTS yang akan melanjutkan pendidikan atau kegiatan akademik lainnya di Malaysia.

UTS, dalam hal ini, juga membuka kesempatan bagi mahasiswa perguruan tinggi di Malaysia yang tertarik untuk mengeksplorasi potensi daerah Sumbawa melalui program akademik yang bisa diakui sebagai bentuk dari implementasi perkuliahan (Credit Transfer), bersama dengan mahasiswa lokal. Mengakhiri pertemuan, tim Penasihat Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia menyempatkan untuk mengunjungi Global Village dan melihat keberagaman mahasiswa internasional UTS.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menyambut baik rencana kolaborasi internasional yang lebih luas kedepannya. “Kerjasama semacam ini perlu terus dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin, sebab dampak positif akan dirasakan oleh segenap sivitas akademika UTS. Berinteraksi dengan dunia yang lebih luas akan memudahkan kita menjadi pribadi dengan pov beragam. Terima kasih kepada Tim KLN yang telah menginisiasi hal tersebut. Mari kita terus jaga semangat Membumi dan Mendunia.” Pungkasnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin