KOPDAR oleh HUMAS UTS, Rektor UTS “Setiap Kita Adalah Agen Branding”

Mewujudkan terlaksananya pelayanan prima dibutuhkan kerjasama antar setiap bidang dalam institusi, tidak terkecuali di sebuah perguruan tinggi. Pelayanan ini tidak hanya dalam bentuk tatap muka, tetapi juga dunia maya. Kesepahaman antara bidang atau unit, dalam menjalankan tugas pelayanan ini akan membantu terbentuknya image positif institusi dalam membangun branding. 

Menyadari pentingnya pelayanan prima oleh segenap sivitas akademika UTS, Humas dan Protokoler UTS telah melaksanakan kegiatan Kopi Darat Bareng Admin Se-UTS Raya, dengan tema “Menjadi Mimin Kece di Era Digital” dimana peserta terdiri dari Humas Fakultas, UPT, dan Admin sosial media puluhan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) yang ada di UTS. Kopdar ini sendiri bertujuan untuk menjaga silaturahmi antar admin yang menjalankan tugas memberikan pelayanan kepada netizen UTS, dengan harapan dapat memberikan insight kepada seluruh admin media sosial di lingkup UTS dalam hal penyebaran informasi, branding, dan penyamaan persepsi tentang UTS. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 02/11/2022 bertempat di Ruang Multimedia-STP ini menghadirkan pemateri diantaranya Mila Hidayatullah, S.IP., M.M.Inov dengan materi “Branding dengan Copy Writing” dan Nurnaningsih, S.I.Kom dengan materi “Menulis Press Release”. Serta Launching Logo Branding UTS oleh Imam Teguh Mulyawan, S.Kom. 

Dalam paparan materinya, Mila menyampaikan tentang bagaimana Copy Writing menjadi magnet branding di era digital saat ini. Keahlian persuasif melalui media sosial akan sangat membantu pengembangan organisasi, dalam mencapai goals yang diinginkan. Begitu pula kaitannya dengan pemberitaan seperti keahlian mewartakan kegiatan, paparan informasi yang diberikan kepada masyarakat akan menumbuhkan rasa percaya, lebih jauh dapat menjadi bentuk tanggung jawab institusi kepada masyarakat luas. 

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bagaimana pentingnya peran Humas dan Admin yang membantu penyebaran informasi terkait UTS melalui sosial media khususnya. Ia menyatakan bahwa seluruh peserta adalah gambaran dari UTS itu sendiri, karena setiap dari sivitas akademika UTS telah melekat pada pribadi nya sebagai bagian dari UTS, sehingga tindak tanduknya pasti dinilai oleh masyarakat. Untuk itulah Ia mengharapkan agar segenap sivitas akademika atau peserta kegiatan dapat memahami point penting tersebut.

“Membangun citra atau branding di masyarakat bukanlah hal yang mudah dan instant, terbentuknya citra positif UTS yang kita rasakan hari ini merupakan hasil kerja sama antar setiap bagian UTS itu sendiri, ada strategi yang harus dipahami dan lakukan bersama-sama, baik Mahasiswa, Dosen, Staf dan lainnya. Materi-materi yang didapatkan dalam kegiatan ini tentu akan membantu kita dalam memahami dan menjalankan tugas kita sebagai agen branding kampus. Branding itu sangat penting karena berkaitan langsung dengan kepercayaan masyarakat kepada kita. Kami harap setelah kegiatan ini kita semua dapat menerapkan ilmu yang didapatkan, baik soal branding, copy writing, juga press release dan mengapa pelayanan prima perlu kita berikan lewat peran kita masing-masing. Selamat mengosongkan gelas teman-teman semua.” Tuturnya.

Puluhan peserta mengikuti Kopdar dengan antusias. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Kantor Humas dan Protokoler UTS dengan menyasar peserta internal kampus, serta untuk eksternal akan ada kegiatan serupa dengan peserta dari sekolah-sekolah yang ada di Sumbawa di waktu medatang. 

Potret Mahasiswa Berprestasi: Saeful Rizky Mengoptimalkan Potensi Diri Melalui Magang Studi Independen Bersertifikat

Sumbawa Besar – Saeful Rizky, mahasiswa program studi Informatika Universitas Teknologi...

Read MoreNovember 8, 2024

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Teknik Pertambangan UTS dan Universitas Cordova dalam Ekskursi di PT. Bumi Pasir Mandiri

Sumbawa Barat, 13 Oktober 2024 – Dosen dan mahasiswa Teknik Pertambangan...

Read MoreNovember 8, 2024

Program Studi Ilmu Aktuaria UTS Gelar Diseminasi AKPT, Dorong Inovasi dan Kualitas Pendidikan

SUMBAWA, UTS –  Program Studi Ilmu Aktuaria Fakultas Ekonomi dan Bisnis...

Read MoreNovember 8, 2024

Kegiatan Kuliah Umum Peringatan Hari Pangan Dunia 2024 di Fakultas Ilmu dan Teknologi Pertanian UTS

Pada 16 Oktober 2024, Fakultas Ilmu dan Teknologi Pertanian Universitas...

Read MoreNovember 8, 2024