FRS Adakan Engineering Sharing Session dengan Guru Besar Universitas Brawijaya

Sumbawa, 12 Januari 2023 Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa (FRS UTS) mengadakan Engineering Sharing Session dengan tema Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi yang diikuti lebih dari 30 Dosen FRS, beberapa dosen diluar FRS dan dosen luar dari Universitas Teknologi Sumbawa, kegiatan ini dilaksanakan Offline di Gedung Fakultas Rekayasa Sistem dan online melalui Zoom Meeting.

FRS mengundang pembicara yang merupakan Guru Besar Universitas Brawijaya Malang yaitu Prof. Eng. Widya Wijayanti, S.T., M.T. yang ahli dibidang penulisan jurnal internasional bereputasi (scopus). Prof. Widya merupakan ketua pusat pengembangan pendidikan akademik dan professional Universitas Brawijaya Malang, Prof widya selalu aktif dalam penulisan jurnal berupatasi (scopus), sudah banyak jurnal Q1 Scopus yang telah terbit di berbagai negara salah satunya dengan judul A numerical study of proton exchange membrane fuel cell performances affected by various porosities of gas difussion layer materials telah terbit di jurnal Eastern-European Journal of Enterprise Technologies Ukraine.

Pada engineering sharing session kali ini Prof Widya memberikan materi Penulisan jurnal Internasional Bereputasi, pertama dalam materi Prof widya menjelaskan mengapa perlu publikasikan karya kita, karena merupakan bagian dari pengembangan aktivitas 3 dharma salah satunya academic/researcher career, untuk membangun nama dan reputasi serta sebagai iklan diri, Reputasi Institusi dan Pemeringkatan, keempat kolobari dengan peneliti lain.

“Bagaimana bagi yang belum berpengalaman dalam menulis ? tips nya adalah pertama kolaborasi penulisan, mengajak kolega/rekan menjadi author dan kolaborasi penulisan dengan mahasiswa tetapi tetap dimakeup penulisannya, kedua mutual interdependence membentuk kelompok bidang keahlian tidak harus menunggu dana hibah, dan terakhir terus menulis pacu diri sendiri untuk menulis minimal 1 prosiding, 1 jurnal nasional dan 1 jurnal internasional.”

“Dalam penentuan judul jurnal bereputasi yang harus diperhatikan yaitu judul harus menarik, berbeda dengan yang lain harus memiliki ciri khasnya tersendiri, lebay, agak bombastis contohnya judul modelling analysis of pyrolysis process with thermal effect by using gomsol multiphysics lebih menarik padahal intinya simulasi numerik pirolisis”

Untuk menentukan dimana jurnal harus publish prof widya memberikan beberapa tips, pertama author yang sudah pernah publikasi pada jurnal yang akan dituju, kedua performance jurnal sudah diketahui, ketiga draft sudah sesuai dengan scope jurnal, keempat jangan pada jurnal yang presentase rejectnya besar, kelima ada penulis dengan second language bahassa inggris. Dan terakhir tempat publikasi berdasarkan SJR dapat dilihat di website https://www.scimagojr.com lalu pilih jurnal, subyek area, subyek kategori, negara publisher, dan tahun jurnal setelah memilih semua kategori maka akan keluar list jurnal publikasi yang akan dituju.

Prof Widya setelah memberikan materi Mietra Anggara, S.T., M.T. Dekan Fakultas Rekayasa Sistem memberikan sertifikat apresiasi sebagai pemateri dan berterima kasih kepada prof widya yang telah bersedia memberika materi pada Engineering Sharing Session kali ini.

“Terima kasih Bu Prof. Eng. Widya Wijayanti, S.T., M.T., yang telah bersedia memberikan materi dalam Webinar Engineering Sharing Session kali ini, semoga materi yang disampaikan oleh Prof Widya dapat memberikan pemahaman kepada dosen kami agar percaya diri dalam menulis jurnal internasional bereputasi scopus” pungkas Mietra.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024