M. Shobirin Mahasiswa UTS Duta NTB untuk JAK GenRe Nasional



WhatsApp Image 2018-12-25 at 19.30.33

Batu Alang, (26/12/2018)

Muhammad Shobirin Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadi salah satu duta Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam Jambore Ajang Kreativitas (JAK) Remaja Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Nasional di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, 14-17 Desember 2018 lalu.

Shobirin (sapaan akrabnya) menerangkan kegiatan tersebut merupakan program rutin yang di selenggarakan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia setiap tahunnya. Sedangkan rangkaian kegiatan, jelasnya, menurut jadwal tentative yang dikirimkan ke setiap peserta akan ada kegiatan pentas seni dari setiap provinsi, Games Revolusi Mental, berdiskusi bersama Hengky Kurniawan, Dede Yusuf, dan Kepala BKKBN Republik Indonesia, dan lain sebagainya.

“Untuk kegiatan kali ini, secara keseluruhan NTB mengirimkan 8 orang delegasi dengan pembagian 4 putra dan 4 putri yang berasal dari Kabupaten/kota yang berada di Prov. Nusa Tenggara Barat,” ungkap mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi itu saat dikonfirmasi, Selasa (25/12).

Selain itu, ia menambahkan pada ajang tersebut setidaknya ada enam hal yang dilakukan Remaja GenRe se-Indonesia berupa berdiskusi tentang permasalahan yang di hadapi oleh Remaja Indonesia; mengadu ketangkasan dalam membuat program inovatif untuk menanggulangin permasalahan remaja; meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap remaja dalam pengelolaan dan pelayanan PIK Remaja dan Forum GenRe Indonesia pada teman-teman sebaya; meningkatkan kreativitas remaja dalam pengembangan kegiatan-kegiatan program GenRe yang ramah remaja pada PIK Remaja dan Forum GenRe Indonesia; menumbuhkan semangat dan rasa memiliki wadah PIK Remaja dan Forum GenRe Indonesia bagi setiap komunitas remaja yang bergabung dalam PIK Remaja; menumbuhkan sikap sportivitas sehingga dapat menjalin rasa kebersamaan di antara pengelola PIK Remaja dan Forum GenRe Indonesia.

Menjadi perwakilan Kabupaten Sumbawa, keikutsertaannya diharapkan dapat menjadi ajang promosi Sumbawa dalam ranah yang lebih luas. Lebih khusus, harapannya Sumbawa serta NTB dapat dikenal sebagai kota ramah remaja dengan peran serta dari generasi-generasi mendatang untuk menjadikan Sumbawa lebih maju. “Harapannya, agar Sumbawa serta NTB lebih dikenal dengan Kota Ramah Remaja dengan menciptakan generasi emas untuk membangun Sumbawa lebih maju lagi untuk ke depannya,” tutupnya.

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − one =