Malam Penganugerahan “Accounting Week UTS (AWS) 2016” Sukses Dan Meriah



Malam Penganugerahan “Accounting Week UTS (AWS)  2016” Sukses Dan Meriah

Malam Penganugerahan Nominasi Lomba Accounting Week UTS sukses digelar di pelataran Wisma Daerah kabupaten Sumbawa, Sabtu petang, 19 November 2016. BALANCE (Barisan Elang-elang Muda Akuntansi Cerdas) – Himpunan mahasiswa Program Studi Akuntansi, bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa menggagas  Accounting Weeks UTS (AWS) 2016 kurang lebih dari sepekan dari tanggal 14 -19 November 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan  di dua lokasi yaitu Gedung Oranye UTS untuk beberapa mata lomba dan Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa untuk Olimpiade dan Malam Puncak Penganugerahan. Malam Puncak Penganugerahan AWS 2016 ini merupakan ajang apresiasi kepada peserta-peserta lomba, pengumuman dan penyerahan hadiah lomba dan sekaligus menutup rangkaian kegiatan Accounting Week UTS 2016.

Peserta yang hadir dalam Malam Puncak Penganugerahan AWS 2016 adalah peserta-peserta lomba yang terdiri dari mahasiswa/i UTS, siswa/siswi SMA/K sederajat peserta Olimpiade Akuntansi, dan beberapa tamu undanga lainnya. Kegiatan yang dikemas secara kekeluargaan, sederhana dan menarik membuat rasa akrab antar peserta dan tamu undangan tercipta dalam acara tersebut.

Selain itu, acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta adalah pengumuman pemenang beberapa mata lomba. Beberapa mata lomba yang telah dilaksanakan dari hari pertama AWS 2016 hingga hari terakhir adalah Lomba Miniatur antar Prodi se-UTS, Lomba tarik tambang antar prodi se-UTS, dan Olimpiade Akuntansi tingkat SMA/K sederajat. Untuk lomba miniatur gedung oranye UTS dijuarai oleh prodi Teknik Sipil 2015. Lomba tarik tambang tingkat prodi se-UTS di menangkan oleh Prodi Manejemen tahun 2014 untuk juara I, dan Prodi Metalurgi dan Material tahun 2015 mendapatkan juara II. Sedangkan Olimpiade Akuntansi tingkat SMA/K/sederajat di menangkan oleh SMAN 2 Sumbawa sebagai juara I, SMKN 3 Sumbaw meraih posisi juara II, dan SMAN 3 Sumbawa menempati posisi juara III.

img_0719

Satu hal menarik yang didapatkan oleh pemenang Olimpiade Akuntansi di AWS 2016 ini diluar dari piala dan hadiah yang disediakan panitia. Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Dr. Andi Tirta, M.Sc memberikan apresiasi dan hadiah tambahan bagi pemenang olimpiade yaitu Beasiswa Biaya Kuliah selama 4 tahun bagi siswa/i pemenang yang ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknologi Sumbawa. “Istilah mereka sudah mempunyai free pass vocher, walaupun mereka rata-rata siswa SMA kelas 11, jadi nanti ketika lulus 2 tahun lagi, mereka bisa menunjukan surat bebas biaya pendidikan tersebut saat mendaftar di UTS” jelasnya.

Ervina Rahardia Riski, siswa SMAN 2 Sumbawa, satu siswa pemenang juara I Olimpiade Akuntansi AWS 2016 mengaku sangat bangga bisa mengikuti dan menjuarai olimpiade ini. “Awalnya ragu, karena soal-soal yang diberikan di tiap seleksinya sangat berbeda dari olimpiade-olimpiade yang pernah saya ikuti, khususnya waktu tes kelompok tahap ketiga dimana kami harus memilih dan menjawab pertanyaan yang dibuat oleh dosen-dosen akuntansi UTS di depan umum.” Komentarnya. Ervina dan tim (Alfiandi Rizaldy dan Wanda) juga merasa sangat bangga mendapatkan hadiah tambahan berupa beasiswa pendidikan kuliah dari UTS. “Kami tahu UTS adalah salah satu kampus yang unggul di NTB, tentunya kami merasa sangat bangga dan tidak menyangka.” Ujar gadis yang biasa di sapa Vina ini.

Suksesnya Malam Penganugerahan AWS 2016 ini tidak membuat membuat Arif A.K (Ketua Panitia) dan tim berpuas diri. Arif mengaku bahwa kegiatan ini sebenarnya bertujuan untuk memperkenalkan dunia akuntansi khususnya yang ada di Sumbawa hanya saja dikemas secara berbeda. “Selain itu, dari kegiatan ini kami harapkan nantinya akan ada calon-calon akuntan dan generasi-generasi mahir pajak kedepannya.” Lanjutnya.

Accounting Week UTS akan menjadi agenda rutin yang digelar Barisan Elang-Elang Akuntansi Cerdas UTS untuk lebih membangkitkan gairah dunia akutansi di Sumbawa. “Kedepannya, AWS akan lebih baik laigi, dalam setiap sesi, kami selalu meminta kritik dan saran dari peserta untuk pelaksanaan AWS di tahun berikutnya.” Komentar Arif A.K.

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =