Dua Tim UTS Berhasil Lolos Pendanaan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI)

Dua Tim UTS berhasil lolos pendanaan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI). KBMI adalah wadah untuk mempraktekan ilmu dan keterampilan berwirausaha yang sudah didapat oleh mahasiswa melalui pemberian modal oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Dua tim tersebut adalah Tim Ceritanya Kopi yang yang diketuai Zaki Muhammad Abdurrohman dan anggota Ahmad syafi’i Nur ilahi, Fika hamdi, Zuhri robbani, dan
Hudzaifah Abdul Aziz (Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi) dengan Dosen pembimbing yaitu Sherwin Ary Busman, MM, dan Tim Kumilk yang di ketuai Dian Anggreini (Teknik Metalurgi), beranggotakan Sri Hasmiati (Akuntansi), Amira Fitriani (Teknik Metalurgi), dan Zhulkarnain (Teknik Sipil), dengan Dosen pembimbing Hilmy Alfaruqi, Ph. D. Total pendanaan yang diperoleh kedua tim sebesar Rp. 29.500.000,-.

“Jadi bisnis kami Ceritanya Kopi dimulai akhir tahun 2019 lalu, bergerak di bidang minuman. Kami berlima ingin mencoba peluang menjadi enterpreuner meski sama-sama awam terkait ilmu bisnis sebelumnya. Covid menjadi tantangan berat bagi kami, omset turun drastis. Berawal dari mencari ide dan solusi kami menemukan pengumuman terkait KBMI ini. Lalu berdiskusi dan mengajukan melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni UTS, hingga kami mendapat kabar baik bahwa lolos pendanaan, alhamdulillah.” Tutur Mamat Ilahi.

Berbeda lagi dengan Tim Ku Milk, Dian Anggraeni menuturkan, hal yang melatarbelakangi ide untuk mendirikan Kumilk adalah, sejauh ini biasanya susu kuda liar dijual langsung tanpa proses pengolahan dan dikemas dalam botol bekas air mineral. Meski ada yang di jual dengan standar pengemasan, tapi dari segi pengembangan produk olahan susu kuda liar belum ada.
“Oleh karena itu, hadirlah Kumilk untuk mengatasi permasalahan terkait minimnya peminat susu kuda liar terutama dikalangan remaja serta ingin memberikan kontribusi minuman sehat dengan segudang manfaat dipasaran. Kumilk sumbawa merupakan inovasi minuman sehat dari susu kuda liar Sumbawa dengan tambahan perisa terdiri atas beberapa varian rasa mulai dari rasa buah hingga rasa kekininan yang dikemas dengan kemasan yang lebih menarik, ergonomis dan kekinian. Pertama di Indonesia!” Pungkas Dian.

Program KBMI yang diumumkan pada Juli 2020 ini diharapkan dapat menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang bisnis yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi. Program KBMI menitikberatkan pada orientasi ide bisnis, proses usaha dan hasil usaha (profit). Dimana tahapan KBMI meliputi pengusulan proposal, pelatihan rencana bisnis, penetapan penerima hibah KBMI, pendampingan wirausaha, serta monitoring evaluasi.
Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D menyampaikan, “saya ucapkan selamat kepada 2 Tim yang mendapatkan pendanaan KBMI. Saya senang dan bangga mengetahui bahwa jiwa wirausaha mahasiswa cukup tinggi. Sebagai Rektor saya sangat mendukung para mahasiswa yang ingin mengembangkan start-up baru, juga dengan harapan nantinya akan banyak star up yang lahir dari kampus UTS, seperti halnya kampus besar MIT di Negeri Paman Sam sana.” Pungkas Chairul.



Lolos Hibah P3D, Prodi Kewirausahaan UTS Siap Ciptakan Metode Belajar Yang Keren 

Program Studi Kewirausahaan UTS berhasil lolos hibah Pengembangan dan penyelenggaraan...

Read MoreMei 11, 2024

Kembali Berprestasi, Mahasiswa FITH UTS Lolos PKM-PM 2024

Sumbawa (UTS) – Pada tahun ini, Dikti kembali mengadakan Pekan...

Read MoreMei 10, 2024

Magang di Kejaksaan Negeri Sumbawa, Dua Mahasiswa Ilkom Tunjukkan Dedikasi Yang Luar Biasa

Sumbawa, 2 Mei 2024 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi...

Read MoreMei 10, 2024

Sukses Digelar, Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyelenggarakan Uji Publik Kurikulum Merdeka Belajar...

Read MoreMei 10, 2024