UTS Launching dan Tandatangani PKS “One Village Ten Engineers”

Salah satu fokus pengembangan Universitas Teknologi Sumbawa saat ini adalah pembangunan daerah dari desa, namun keterbatasan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelola SDA yang tersedia secara melimpah. Semakin banyak populasi SDM berkualitas di desa diharapkan akan meningkatkan kolaborasi dan aglomerasi pengetahun yang nantinya akan mendorong terciptanya inovasi yang lebih banyak lagi untuk kemajuan desa. Dengan slogan Membumi dan Mendunia, UTS terpanggil untuk memberikan kontribusi terbaik dalam rangka mengembangkan kualitas SDM.

Pada 03/12/2021 UTS telah resmi melauncing salah satu program beasiswa unggulan yang diberi nama “One Village Ten Engineers (Satu Desa Sepuluh Insinyur)” atau disebut OVTE yang. Program One Village Ten Engineers (Satu Desa Sepuluh Insinyur) merupakan program khusus untuk membina dan mengembangkan desa, sebagai peluang bagi pemuda/i dari Desa asal untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi dengan beasiswa.

Para mahasiswa yang tergabung dalam program ini akan mendapatkan pelatihan-pelatihan soft skill, selain kegiatan utama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diharapkan dengan terbentuknya program ini dapat meningkatkan SDM berkualitas yang nantinya akan mendorong terciptanya inovasi yang lebih banyak lagii untuk meningkatkan kemajuan desa.

Launcing dirangkaikan dengan penandatanganan Kerjasama dengan 15 Desa yang secara resmi telah bergabung dalam Beasiswa OVTE. Penandatanganan Kerjasama dilakukan langsung Rektor UTS dengan para Kepala Desa, bertempat di Raberas Resto. 15 Desa tersebut diantaranya; Poto, Berare, Sebewe, Pernek, Tepal, Teluk Santong, Labuhan Burung, Marga Karya, Pungkit, Juran Alas, Pulau Bungin, Batu Tering, Ranan, Lunyuk Ode, dan Gontar Baru.
Beasiswa OVTE sendiri memiliki skema 50:50 yang artinya kedua pihak penyelenggara beasiswa UTS dan Desa akan bertanggung jawab masing-masing 50℅ biaya kuliah dari mahasiswa yang direkomendasikan oleh Desa.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan, “kami yakin program ini akan menjadi solusi bagi Desa untuk berkembang lebih pesat kedepannya. Beasiswa OVTE adalah langkah kongkrit kami dalam bersinergi dengan masyarakat terutama desa demi terwujudnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Terima kasih kepada pemerintah daerah, DPMD, para Kepala Desa yang terlibat aktif, serta seluruh tim di Kerjasama Dalam Negeri UTS yang telah memberikan dedikasi demi mewujudkan program beasiswa OVTE.” Pungkas Rektor.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024