Ciptakan “SASUKE” Program Merdeka UTS Manfaatkan Kearifan Lokal

Program Merdeka adalah program yang implementasinya dalam bentuk pengabdian di Desa, merupakan Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang bertujuan untuk mengasah softskill, kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan diwilayah pedesaan. Salah satu output dari Promer UTS adalah One Village One Product (OVOP) dimana mahasiswa memaksimalkan potensi desa untuk menciptakan sebuah produk yang bernilai bagi masyarakat. 

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D bersama Wakil Bupati Sumbawa Dwi Noviany, S.Pd.,M.Pd, Kadiskoperindag dan jajaran pemerintah desa wilayah kecamatan Moyo Hulu telah melaunching secara resmi produk unggulan Program Merdeka UTS Batu Tering pada pertengahan Januari 2023 lalu (16/01/2023). 

“Ini produk terbaru dari program MERDEKA UTS di Desa Batu Tering. Sasuke namanya, singkatan dari Sabun Susu Kerbau. Turut dilaunching oleh Ibu Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, M.Pd beserta

Kadiskoperindag dan jajaran pemerintah desa.

Sesuai dengan namanya, Sasuke terbuat dari susu kerbau. Hewan mamalia ini memang jadi ciri khas bagi Sumbawa. Populasinya cukup banyak, namun tak sebanyak dahulu.

Saya pernah mendengar bahkan kerbau sumbawa hingga dikirim ke luar daerah seperti Toraja dan dieksport ke Hongkong.” Tutur Chairul. 

Lebih jauh Rektor UTS menjelaskan bahwa ini kali kedua Promer UTS dilaksanakan di Batu Tering, dua kali ini pula dihasilkan produk kolaborasi yang inovatif. “Sebelumnya, Promer UTS di Batu Tering menghasilkan Minuman Herbal (Minhe) telah diluncurkan dan telah terbit sertifikasi halalnya. Pak Kades Alwan Hidayat memang terkenal sangat inovatif. Kali kedua ini Sasuke pun mendapat respon positif, Ibu Wabup sendiri langsung memberikan dukungan. Sasuke harus segera didaftarkan ke BPOM dan diuruskan sertifikat halalnya. Kedua hal ini memang menjadi program unggulan Bupati/Wabup Sumbawa. Dr. Dedy selaku Kadiskoperindag Sumbawa pun menyampaikan bahwa dalam satu tahun ini pemerintah telah membantu 1486 produk UMKM untuk didaftarkan sertifikasi halal-nya. Ini dapat menjadi kolaborasi yang sangat baik, bagi masyarakat.” 

Program Merdeka UTS, telah dilaunching sejak September 2020 dan sudah dilaksanakan dalam 5 batch. Hingga kini program ini telah berjalan di 87 desa dan menghasilkan 220 produk. Ditargetkan dapat mengcover 157 total desa yang ada di Kabupaten Sumbawa hingga Februari 2024.

“Selamat kepada para mahasiswa kami yang telah mengabdi selama kurang lebih 4 bulan ini yang didampingi oleh DPL Ibu Ihlana (Wadek Fateta). Kami ucapkan terima Kasin kepada masyarakat Desa Batu Tering yang telah menerima para mahasiswa kami.” Pungkas Rektor.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024