Hadirkan Inovasi Baru, 135 Pelajar Ikut Biotech Open Camp 2020



WhatsApp Image 2020-01-09 at 10.58.25bocBiotech Open Camp (BOC) kembali digelar. Kegiatan yang diadakan Fakultas Teknobiologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) ini rutin setiap tahun menjelang penerimaan siswa baru. Pada Tahun 2020 ini, BOC dilaksanakan selama 4 hari, 6—9 Januari 2020 yang diikuti 135 peserta dari SMA/SMK/MA di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang akan memperebutkan Piala Bergilir Gubernur NTB dan Piala Rektor UTS, dan hadiah senilai belasan juta rupiah. BOC dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan secara langsung kajian ilmu bioteknologi kepada para pelajar, menjaring para siswa berprestasi dari setiap sekolah, serta mengenalkan apa itu Teknobiologi dengan lebih interaktif.

Kegiatan ini mencakup beberapa jenis perlombaan, seperti Young Biotechnologist Competition (YBC). Jenis kompetisi ini berupa lab investigation dimana peserta terdiri dari satu tim (3 orang) akan diajarkan teknik Laboratorium Bioteknologi dari awal penelitian hingga mendapatkan hasil penelitian. Selain itu Olimpiade Biologi, dan Lomba Akustik serta Lomba Karya Tulis Essay yang dibuka untuk SMA se-Indonesia, dengan mengusung tema “Biotechnology for the better future”.

Rektor UTS, Dr. Andy Tirta M.Sc saat membuka kegiatan itu menyampaikan, Biotech Open Camp (BOC) 2020 menjadi salah satu ajang dalam menumbuhkan minat para pelajar mengembangkan potensi sumber daya alam melalui bidang bioteknologi. Sehingga, para pemuda nantinya dapat menghadirkan inovasi baru di bidang sains dan teknologi.

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *